Redam Ketegangan, Sekjen NATO Nyatakan Siap Bertemu Putin

Selasa, 24 Desember 2019 - 01:55 WIB
Redam Ketegangan, Sekjen NATO Nyatakan Siap Bertemu Putin
Redam Ketegangan, Sekjen NATO Nyatakan Siap Bertemu Putin
A A A
BRUSSELS - Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg mengatakan, ia terbuka untuk mengadakan pertemuan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Stoltenberg, yang berbicara saat melakukan wawancara dengan media Jerman, DW, menuturkan, dia siap bertemu Putin dalam keadaan "benar".

Dalam wawancara tersebut, Stoltenberg mengatakan, bahwa menjaga hubungan baik dengan Rusia adalah hal yang penting, baik bagi NATO sebagai organisasi ataupun bagi negara anggota mereka.

"Saya percaya pada dialog dengan Rusia dan karena itu, jika konteksnya benar, saya, tentu saja, juga siap untuk bertemu dengan Putin," kata Stoltenberg dalam wawancara tersebut, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (24/12/2019).

Stoltenberg menekankan pentingnya membahas perbedaan, terutama ketika hubungan tegang. "Rusia adalah tetangga terbesar kami, Rusia ada di sini untuk tinggal dan kami perlu berusaha untuk hubungan yang lebih baik dengan Rusia," ujarnya.

Pernyataan itu sendiri muncul setelah Kremlin menyatakan keprihatinannya atas ekspansi NATO yang terus berlanjut mendekati perbatasan Rusia, dan ditengah kekhawtiran tentang kemungkinan NATO melancarkan konflik militer berskala besar.

Hubungan antara NATO dan Moskow memburuk secara dramatis setelah pergantian kekuasaan 2014 di Ukraina, yang diikuti oleh penyatuan kembali Crimea dengan Rusia dan konflik militer yang berkepanjangan di Donbass. NATO menuding Rusia berada di balik konflik Ukraina dan juga menyebut Moskow menganeksasi Crimea, yang dibantah oleh Rusia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5619 seconds (0.1#10.140)