Merkel: Semua Negara UE Berkewajiban Dukung Yunani Lawan Agresi Turki

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 00:02 WIB
loading...
Merkel: Semua Negara UE Berkewajiban Dukung Yunani Lawan Agresi Turki
Kanselir Jerman Angela Merkel. Foto/REUTERS
A A A
BERLIN - Ketegangan di Mediterania Timur telah meningkat sejak Ankara dituding melanggar landas kontinen Yunani dan Siprus selama dua minggu lalu. Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan negara-negara Uni Eropa memiliki kewajiban untuk mendukung Yunani dan Siprus melawan Turki .

Merkel telah membahas perselisihan antara Athena dan Ankara secara intens dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Merkel juga menegaskan bahwa Jerman berkomitmen untuk mencegah eskalasi perselisihan antara kedua negara atas sengketa wilayah Mediterania Timur dan telah menyerukan untuk bersama-sama menyelesaikan konflik atas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Siprus. (Baca: Erdogan Tuduh Yunani Menabur Kekacauan di Mediterania )

"Kami mendukung Yunani dan tidak percaya bahwa harus ada peningkatan lebih lanjut dalam hubungannya dengan Turki," kata Merkel dalam konferensi pers, seperti dikutip Sputnik, Jumat (28/8/2020).

Merkel dengan jelas menyatakan bahwa negara-negara Eropa memiliki kewajiban untuk mendukung Yunani dan mencatat bahwa ketika dia berbicara dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dia akan memberitahukan kepadanya tentang sikap Eropa terhadap Turki.

Namun, karena tidak ingin mengutuk Turki secara kritis, Merkel juga mengatakan bahwa perselisihan antara Yunani dan Turki mengenai zona maritim harus diselesaikan melalui dialog, sambil menekankan bahwa Turki adalah mitra dan sekutu penting di NATO.

Sikap retoris Merkel yang mendukung Yunani dan melawan Turki terjadi hanya 24 jam setelah panggilan telepon antara Presiden Amerika Donald Trump dan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis dan Erdogan. Presiden Trump sendiri sudah dua kali menghubungi Perdana Menteri Yunani tentang masalah Yunani-Turki saat ini.

Dalam panggilan telepon kedua, yang juga dikonfirmasi oleh Istana Maximos, Trump memberi tahu Mitsotakis tentang konten percakapannya dengan Erdogan. (Baca juga: Diangkat Jadi Danjen Kopassus, Ini Profil Brigjen TNI Mohamad Hasan )

Dilaporkan bahwa Presiden Trump mengungkapkan kepada Mitsotakis tentang keinginannya untuk mengurangi ketegangan.

“Seperti yang Anda ketahui, Presiden AS Donald Trump menelepon Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis kemarin untuk membahas perkembangan terbaru di Mediterania Timur. Dalam pembahasannya, Perdana Menteri mengangkat isu aksi destabilisasi Turki dengan Presiden Amerika, yang membahayakan perdamaian dan stabilitas di kawasan yang lebih luas serta menguji kohesi NATO. Pada saat yang sama, ia menegaskan bahwa Yunani siap berkontribusi secara substansial terhadap deeskalasi, asalkan Turki segera menghentikan tindakan provokatifnya," kata juru bicara pemerintah Yunani Stelios Petsas.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)