alexametrics

Desember 116 Tahun Silam, Wright Bersaudara Terbangkan Pesawat Pertama

loading...
Desember 116 Tahun Silam, Wright Bersaudara Terbangkan Pesawat Pertama
Pada bulan Desember 1903, dua bersaudara asal Caroline Utara, AS Orville dan Wilbur Wright menciptakan sebuah alat yang mengubah dunia. Foto/Istimewa
A+ A-
CAROLINA UTARA - Pada bulan Desember 1903, dua bersaudara asal Caroline Utara, Amerika Serikat (AS) menciptakan sebuah alat yang mengubah dunia. Dua saudara itu adalah Orville dan Wilbur Wright, penemu pesawat terbang.

Lahir pada tahun 1867 dan 1871, putra seorang pendeta Kristen Evangeli, mereka pertama kali jatuh cinta pada prinsip penerbangan, ketika ayah mereka membelikan mereka sebuah mainan helikopter.

Setelah bekerja sebagai pencetak komersial, kedua saudara ini membuka toko sepeda, memanfaatkan tren, tetapi sepanjang waktu bermain-main dengan skema untuk membuat pesawat terbang ke langit.



Pada 14 Desember 1903 setelah uji coba bertahun-tahun, mereka mencoba untuk mendapatkan 'pesawat' primitif mereka, dengan lebar sayap 40 kaki, ke udara. Tetapi tidak lama setelah Wilbur mengeluarkannya dari tanah, pesawat itu berhenti dan jatuh kembali ke pasir.

Tiga hari kemudian, pada 17 Desember 1903, kedua bersaudara itu sukses menerbangan pesawat yang mereka rakit sendiri. Pada pagi hari yang berangin di Carolina Utara, di tengah bulan Desember, Orvile naik ke atas pesawat mereka dan dia berhasil menerbangakan pesawat tersebut.

"Angin, menurut anemometer kami saat ini, bertiup sedikit lebih dari 20 mil, 27 mil menurut anemometer pemerintah di Kitty Hawk," tulis Orvile di buka catatannya.

"Kecepatan mesin meningkat, mungkin tujuh atau delapan mil. Mesin itu mengangkat pesawat tepat saat memasuki gugur ke empat. Daniels mengambil gambar tepat saat lepas landas," sambungnya dan menambahan bahwa penerbangan pertama itu berlangsung sekita 12 detik.

Itu adalah yang pertama dari empat penerbangan yang dilakukan hari itu, masing-masing lebih lama dari yang sebelumnya. Pada uji coba keempat, Wilbur memandu pesawat pertama di dunia melalui udara dengan jarak 852 kaki dalam 59 detik.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak