AS Siap Merespon Iran dengan Tegas

Sabtu, 14 Desember 2019 - 05:35 WIB
AS Siap Merespon Iran dengan Tegas
AS Siap Merespon Iran dengan Tegas
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) siap merespon Iran dengan tegas jika kepentingannya di Irak dirugikan. Peringatan itu dilontarkan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo setelah serangkaian serangan roket terhadap pangkalan AS.

"Kita harus menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan para pemimpin Iran bahwa setiap serangan oleh mereka, atau proksinya, yang membahayakan warga Amerika, sekutu kita atau kepentingan kita akan dijawab dengan respons AS yang tegas," kata Pompeo dalam sebuah pernyataan.

"Iran harus menghormati kedaulatan tetangganya dan segera menghentikan pemberian bantuan mematikan dan dukungannya kepada pihak ketiga di Irak dan di seluruh wilayah itu," imbuhnya seperti dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (14/12/2019).

AS telah menyatakan keprihatinan yang meningkat tentang serangan terhadap pangkalan-pangkalan Irak yang digunakan oleh pasukan AS, beberapa di antaranya telah menyalahkan kelompok paramiliter Syiah yang didukung Iran.

Dua serangan roket pekan ini menargetkan kompleks di dekat Bandara Internasional Baghdad, yang menampung pasukan AS. Insiden yang terjadi pada Senin itu melukai tentara Irak.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3676 seconds (0.1#10.140)