Tentara Israel Sebut Serangan ke Iran Sangat Serius dan Signifikan

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 21:12 WIB
loading...
A A A
Militer Israel pada hari Rabu mengakui bahwa beberapa pangkalan udaranya terkena serangan rudal balistik besar-besaran Iran di negara itu pada malam sebelumnya, tetapi menekankan bahwa tidak ada kerusakan yang disebabkan pada fungsi Angkatan Udara Israel.

IDF mengatakan bahwa mereka mengukur efektivitas serangan berdasarkan seberapa besar kerusakan yang terjadi pada infrastruktur dan aset penting, berapa banyak korban yang ditimbulkan, dan bukan berapa banyak rudal yang akhirnya mengenai sasaran. Pertahanan udara berhasil mencegah kerusakan dan korban besar tersebut, katanya.

Araghchi melakukan perjalanan ke Damaskus melalui udara setelah Lebanon mengatakan serangan udara Israel pada hari Jumat memutuskan jalan raya internasional utama yang menghubungkan kedua negara.

Israel mengatakan serangannya ditujukan untuk mencegah aliran senjata ke Hizbullah dari Iran melalui negara tetangga Suriah.

Iran telah menjadi sekutu setia Presiden Suriah Bashar al-Assad selama perang saudara yang meletus pada tahun 2011 setelah penindasan protes antipemerintah.

Israel telah memperingatkan bahwa setelah menghancurkan persediaan besar Hizbullah, mereka tidak akan membiarkan kelompok teror itu mempersenjatai kembali.

Pada hari Sabtu, sebuah penerbangan Qeshm Fars Air Iran dari Teheran, yang menuju Lebanon atau Suriah, melakukan putaran balik di atas wilayah udara Irak, menurut data dari situs pelacakan penerbangan.

Penerbangan itu diduga membawa senjata untuk Hizbullah, dan karena itu, IDF berupaya memperingatkannya untuk berbalik arah.

IDF mengatakan bahwa "blokade militer" terhadap Lebanon akan terus berlanjut, kemungkinan untuk waktu yang lama.

Sebagai bagian dari blokade, yang bertujuan untuk mencegah senjata Iran dikirim ke Hizbullah, IDF menyerang semua penyeberangan "militer" antara Lebanon dan Suriah — termasuk sebuah terowongan — dan juga menyerang penyeberangan sipil setelah Hizbullah mulai menggunakannya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0730 seconds (0.1#10.140)