Jasad di Pulau Gunung Berapi Selandia Baru Segera Dievakuasi

Kamis, 12 Desember 2019 - 12:01 WIB
Jasad di Pulau Gunung Berapi Selandia Baru Segera Dievakuasi
Jasad di Pulau Gunung Berapi Selandia Baru Segera Dievakuasi
A A A
WHAKATANE - Kepolisian Selandia Baru berencana pergi ke pulau gunung berapi White Island pada Jumat (13/12) untuk mengambil jasad korban tewas akibat letusan gunung pekan ini. Hingga sekarang korban tewas mencapai delapan orang dan dua orang luka kritis di rumah sakit.

Delapan orang lainnya hilang dan diduga tewas. Mereka terkubur di bawah debu dan material letusan pada Senin (9/12). Lebih dari 20 orang dalam perawatan intensif akibat luka bakar sangat parah.

"Saya dapat konfirmasi sekarang bahwa kami berencana mengambil jasad dari Whakaari/ White Island besok pagi," ungkap Deputi Kepala Kepolisian John Tims yang menjelaskan, keluarga korban akan diberi informasi tentang operasi itu.

Gunung berapi di White Island sangat aktif dan dapat meletus lagi dalam beberapa hari menurut otoritas. Tak ada tanda-tanda kehidupan di pulau yang tak berpenduduk itu.

"Kita sekarang hidup dengan rasa putus asa yang bertambah untuk membawa pulang mereka yang kami tahu ada di sana dan mereka yang kita cintai," papar Walikota Whakatane Judy Turner. "Frustrasi yang dirasakan keluarga korban sangat dapat dipahami. Tak ada kabar adalah kabar yang tidak bagus bagi orang dalam situasi ini."

Gunung berapi yang menjadi tujuan wisata populer untuk perjalanan satu hari itu melelus pada Senin (9/12), memuntahkan awan panas dan material ke atas pulau tersebut.

Ada 47 orang di pulau itu saat terjadi letusan. Sebanyak 24 orang dari Australia, sembilan dari Amerika Serikat (AS), lima dari Selandia Baru, empat dari Jerman, dua dari China dan Inggris, serta satu dari Malaysia.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3201 seconds (0.1#10.140)