alexametrics

UPDATE-Gunung White Island Meletus, 5 Tewas, Puluhan Orang Hilang

loading...
UPDATE-Gunung White Island Meletus, 5 Tewas, Puluhan Orang Hilang
Gunung berapi White Island di Selandia Baru meletus, Senin (9/12/2019). Foto/REUTERS/GNS Science
A+ A-
WELLINGTON - Polisi Selandia Baru mengonfirmasi setidaknya lima orang tewas setelah gunung berapi White Island atau Whakaari meletus, Senin (9/12/2019). Puluhan orang, termasuk turis asing, dilaporkan masih hilang.

Polisi sebelumnya mengatakan sekutar 27 wisatawan kemungkinan masih berada di dan sekitar gunung White Island. Sejauh ini, sudah 23 orang yang telah dievakuasi, termasuk lima orang yang meninggal.

Deputi Komisioner Polisi Selandia Baru, John Tims, seperti dikutip The Guardian, mengatakan bahwa polisi dan tim penyelamat masih belum dapat mengakses pulau tempat gunung berapi itu berada. Kendala ini membuat polisi belum bisa memastikan berapa banyak orang yang tersisa di pulau tersebut.



"Lingkungan fisik tidak aman bagi kita untuk kembali ke pulau itu," katanya. "Sejumlah orang lainnya telah dibawa ke rumah sakit. Sejumlah orang mengalami luka bakar akibat letusan tersebut. Masih terlalu dini bagi polisi untuk mengonfirmasi berapa banyak orang yang terdampak...termasuk berapa banyak yang masih ada di pulau itu."

Perdana Menteri (PM) Jacinda Ardern dalam konferensi pers siang tadi mengatakan ada sekitar 100 orang yang sebagian besar turis berada di sekitar gunung tersebut saat erupsi terjadi.

"Sejumlah orang dilaporkan terluka dan sekarang dibawa ke pantai," katanya. "Itu tampaknya menjadi masalah yang sangat signifikan...terutama skala orang yang terkena dampak, pada tahap ini," lanjut dia. (Baca: Gunung Berapi White Island Selandia Baru Meletus, Beberapa Orang Luka)

Namun, polisi Selandia Baru memperbarui informasi dengan mengatakan jumlah orang yang berada di sekitar gunung kurang dari 50 jiwa pada saat erupsi terjadi.

"Meskipun pada awalnya diyakini ada sekitar 100 orang di atau dekat pulau pada saat letusan, kami sekarang percaya ada kurang dari 50 (orang)," bunyi pernyataan polisi yang dirilis di halaman Facebook-nya.

"Beberapa dari orang-orang itu telah diangkut ke pantai, namun sejumlah (orang) yang diyakini berada di pulau itu saat didata," lanjut polisi.

Polisi bekerja sama dengan Badan Manajemen Darurat Nasional untuk mengoordinasikan operasi pencarian dan penyelamatan. Zona larangan terbang telah dibuat. (Baca juga: Ada 100 Orang di Sekitar Gunung saat White Island Meletus)

Pulau ini berjarak sekitar 50 km dari North Island di Teluk Plenty yang indah dan populer, di mana para turis petualang rela mengenakan topi keras dan masker gas.

Gunung berapi White Island adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Selandia Baru.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak