alexametrics

Australia Sebut RI sebagai Mitra Paling Penting di Kawasan

loading...
Australia Sebut RI sebagai Mitra Paling Penting di Kawasan
Menteri Pertahanan Australia, Linda Reynolds (kiri) menyebut Indonesia sebagai mitra paling penting bagi negaranya di kawasan. Foto/Victor Maulana/Sindonews
A+ A-
NUSA DUA - Menteri Pertahanan Australia, Linda Reynolds menyebut Indonesia sebagai mitra paling penting bagi negaranya di kawasan. Linda menyebut, ini dikarenakan, bukan hanya kedua negara adalah tetangga dekat, tapi juga karena kedua negara memiliki sejumlah tujuan yang sama.

"Tidak ada negara yang lebih penting bagi Australia selain Indonesia. Kita adalah rekan alami, bukan hanya kita tetangga dekat, tapi karena kita juga memiliki tujuan strategis yang sama dan kita memutuskan untuk berteman," ucap Linda pasca pertemuan 2+2 Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kedua negara, di Bali pada Jumat (6/12/2019).

"Ini termasuk kepentingan bersama mengenai kawasan Indo-Pasifik yang aman dan stabil, yang terbuka, yang transparan, yang makmur, dan yang terpenting berdasarkan hukum. Hubungan bilateral dalam bidang pertahanan kedua negara adalah pilar kunci dalam mencapai kemitraan strategis yang komprehensif," sambungnya.



Linda menuturkan, pertemuan 2+2 akan meningkatkan hubungan kedua negara, khususnya dalam bidang pertahan. Dia mengatakan, TNI dan Pasukan Pertahanan Australia (ADS) melakukan lebih dari 20 kali komunikasi bilateral dan latihan bersama setiap tahunnya.

Tahun ini, papar Linda, Australia menerima 150 pelajar Indonesia untuk pendidikan dan pelatihan dengan ADF.

"Kami juga memiliki dialog strategis dan pendekatan antara rekan militer dan sipil di semua level. Ini adalah kesempatan kedua bertemu dengan (Menteri Pertahanan) Prabowo Subianto sejak kami memegang jabatan kami dan mulai memulai diskusi sejak pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN Plus di Bangkok. Hari ini, kami mendiskusikan bagaimana memperluas dan memperdalam hubungan pertahanan kedua negara," ucapnya.

Sementara itu, Prabowo pada gilirannya menuturkan secara garis besar hubungan yang sangat memuaskan dengan Australia sampai saat ini. Indonesia dan Australia, papar Prabowo, mencari bidang-bidang baru upaya baru untuk lebih mempererat hubungan kedua negara.

"Kita ingin tingkatkan hubungan ini, karena memang kita memandang Australia sebagai sahabat penting, sebagai mitra. Kita boleh memilih kawan, tapi kita tidak bisa memilih tetangga. Karena itu adalah kepentigan kita, kepentingan Indonesia untuk memelihara hubungan terbaik dengan Australia," ujarnya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak