alexametrics

Rusia Usir Duta Besar Bulgaria

loading...
Rusia Usir Duta Besar Bulgaria
Pengusiran ini adalah respon atas sikap Bulgaria yang meminta Rusia menarik pulang seorang diplomat mereka di Sofia, karena dicurigai sebagai seorang mata-mata. Foto/Reuters
A+ A-
MOSKOW - Pemerintah Rusia dilaporkan telah mengusir seorang diplomat Bulgaria. Pengusiran ini adalah respon atas sikap Bulgaria yang meminta Rusia menarik pulang seorang diplomat mereka di Sofia, karena dicurigai sebagai seorang mata-mata.

Tidak tanggung-tanggung, Moskow mengusir Duta Besar Bulgaria untuk Rusia, Atanas Krastin. Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan Krastin diberikan waktu 24 jam untuk meninggalkan Moskow.

"Moskow menganut prinsip timbal balik. Ini adalah respon cermin yang telah peringatkan," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (5/12/2019).



Bulgaria pada Oktober mengatakan, pihaknya telah meminta Rusia untuk menarik seorang diplomat mereka, setelah jaksa penuntut Bulgaria memutuskan bahwa ia terlibat dalam aksi spionase.

Jaksa penuntut mengatakan, diplomat yang diusir itu telah mengadakan pertemuan konspirasi sejak September tahun lalu dengan beberap warga Bulgaria, termasuk seorang pejabat senior yang memiliki akses atas informasi rahasia NATO dan UE.

Bulgaria juga menolak memberikan visa kepada atase pertahanan Rusia baru. Dikatakan pada saat itu bahwa salah satu badan yang terlibat dalam menyetujui visa jangka panjang bagi para diplomat menarik kesimpulan yang negarif tentang atase pertahanan Rusia yang baru.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak