alexametrics

Besok, Menlu-Menhan RI dan Australia Gelar Pertemuan di Bali

loading...
Besok, Menlu-Menhan RI dan Australia Gelar Pertemuan di Bali
Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan Indonesia dan Australia dilaporkan akan melaporkan pertemuan pada esok hari, di Bali. Foto/Istimewa
A+ A-
NUSA DUA - Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan Indonesia dan Australia dilaporkan akan melaporkan pertemuan pada esok hari, di Bali. Pertemuan ini akan digelar dalam format 2+2.

Pertemuan 2+2 merupakan mekanisme dialog rutin antara Menlu dan Menhan kedua negara untuk membahas kemajuan kerja sama bilateral di berbagai bidang, yang terakhir diselenggarakan di Sydney, Australia pada bulan Maret 2018.

Menurut keterangan Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Kamis (5/12/2019), pertemuan ini akan dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto serta Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne dan Menteri Pertahanan Australia Linda Reynolds. Ini merupakan pertemuan para menteri untuk pertama kalinya sejak kedua negara melaksanakan pemilihan umum di tahun 2019.



Pertemuan ini juga akan dimanfaatkan untuk menindaklanjuti hasil pertemuan Presiden Indonesia, Joko Widodo dan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison baru-baru ini di sela-sela KTT Asia Timur di Bangkok, Thailand. Pertemuan ini juga dimaksudkan untuk semakin memantapkan Kemitraan Strategis Komprehensif yang telah diumumkan pada Agustus 2018.

Beberapa isu yang akan dibahas antara lain mencakup kerja sama maritim, kontra-terorisme, pasukan penjaga perdamaian, teknologi siber, serta penanggulangan dan mitigasi bencana.

Berdasarkan keterangan Kementerian Luar Negeri, pertemuan juga akan membahas upaya penguatan kerja sama menghadapi dinamika geopolitik dunia saat ini, termasuk kemitraan kedua negara di kawasan Indo-Pasifik.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak