Diplomasi Budaya Australia, Dan Sultan Puji Musik Indonesia

Kamis, 05 Desember 2019 - 09:59 WIB
Diplomasi Budaya Australia, Dan Sultan Puji Musik Indonesia
Diplomasi Budaya Australia, Dan Sultan Puji Musik Indonesia
A A A
JAKARTA - Penyanyi alternative-rock dan blues asal Australia, Daniel Leo Sultan, telah menggelar tur konser di Indonesia untuk pertama kali sejak awal pekan ini. Dia mengaku senang dapat memperluas pengalaman bermusiknya di tengah para penikmat musik Tanah Air. Dia juga memuji perkembangan musik di Indonesia yang sangat masif.

"Ini merupakan kunjungan yang luar biasa dan baik. Indonesia begitu memesona," ujar Sultan di Jakarta, kemarin.

"Orang-orang di sini (Indonesia) juga ramah-ramah. Indonesia merupakan negara yang besar. Penduduknya lebih banyak dibandingkan di Australia," katanya.

Sultan mengaku telah menyukai musik sejak kecil dan senang mendengarkan berbagai genre, mulai dari rock hingga hip hop. Lelaki keturunan Irlandia-Aborigin itu mulai bermain gitar di usia empat tahun dan menciptakan lagu sendiri di usia 10 tahun.

"Saya selalu terinspirasi untuk membuat lagu berdasarkan kehidupan sehari-hari," kata Sultan. "Sebagai seorang seniman, saya perlu bersikap terbuka dan menyerap semua yang terjadi di sekeliling saya sebagai bahan untuk membuat lagu," sambungnya.

Dengan dedikasi yang tinggi di dunia musik, Sultan telah menyabet berbagai penghargaan bergengsi tingkat nasional. Tahun ini saja, dia meraih penghargaan ARIA Music Awards untuk Album Anak-Anak Terbaik dan Screen Music Awards untuk Lagu Original Terbaik.

Selama berada di Indonesia, Sultan telah dan akan menggelar konser di Yogyakarta, Jakarta, dan Bandung di sepanjang pekan ini. Dia diundang langsung oleh Kedutaan Besar (Kedubes) Australia untuk Indonesia dalam program diplomasi budaya Australia Connect.

"Sultan adalah penduduk asli Australia yang berbakat. Kami bangga dapat memperkenalkan keunikan musiknya di Indonesia. Semoga kunjungannya dapat memperkuat relasi kedua negara,” kata Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan.

Selain menggelar konser, Sultan juga mengadakan lokakarya tentang menulis lagu kepada para musisi dan pelajar musik di beberapa kota. Dia menilai Indonesia kaya akan budaya, mengalami perkembangan musik secara masif, dan memiliki bakat menjanjikan. (Muh Shamil)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4268 seconds (0.1#10.140)