alexametrics

Amerika Serikat Kirim Warga El Salvador Pertama ke Guatemala

loading...
Amerika Serikat Kirim Warga El Salvador Pertama ke Guatemala
Para migran dari Honduras dan El Salvador sedang dikirim kembali ke Guatemala dari AS, di penampungan Guatemala City, Guatemala, 3 Desember. Foto/REUTERS/Luis Echeverria
A+ A-
GUATEMALA CITY - Guatemala menerima sejumlah warga El Salvador pertama dari Amerika Serikat (AS) sesuai kesepakatan migrasi baru yang merancang Guatemala sebagai negara ketiga aman untuk para pencari suaka.

Program itu dimulai pada akhir November saat seorang pria Honduras terbang dari El Paso, Texas, ke Guatemala City dengan satu pesawat kosong Boeing 737. Kali ini, kedatangan sejumlah warga El Salvador itu menandai penerbangan kedua.

"Pesawat yang tiba pada Selasa (3/12) pagi dari Mesa, Arizona, itu juga membawa 84 warga Guatemala dan dua warga Honduras," ungkap Alejandra Mena, juru bicara institut migrasi Guatemala.



Mena tidak menjelaskan dengan rinci apakah para migran dari Honduras dan El Salvador itu akan mencari suaka di Guatemala atau kembali ke negara mereka.

Program itu menandai terlaksananya kebijakan Presiden AS Donald Trump yang menginginkan bantuan dari Meksiko dan Amerika Tengah untuk menghambat laju migran yang mencari suaka di AS.
(sfn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak