Puluhan Rudal dan Drone Houthi Serang 3 Kapal Perang AS

Minggu, 29 September 2024 - 07:45 WIB
loading...
Puluhan Rudal dan Drone...
USS Spruance, satu dari tiga kapal perang AS yang diserang puluhan rudal dan drone Houthi saat menuju Israel. Foto/seaforces.org
A A A
TEL AVIV - Kelompok Houthi Yaman telah menyerang tiga kapal perang Amerika Serikat (AS) di Timur Tengah dengan serangan gabungan pesawat nirawak (drone) dan rudal jelajah. Demikian pengumuman Pentagon.

Ketiga kapal perang Amerika diserang pada hari Jumat ketika menuju Israel di Laut Merah. KetiganyaadalahUSS Spruance, USS Stockdale, dan USS O'Kane.

Juru bicara Pentagon Sabrina Singh mengonfirmasi serangan tersebut, namun dia bersikeras bahwa tidak ada kerusakan yang ditimbulkan.

“Kami memang melihat serangan kompleks yang dilancarkan oleh Houthi yang berkisar dari rudal jelajah hingga UAV [kendaraan udara nirawak],” katanya dalam jumpa pers, yang dilansir Russia Today, Minggu (29/9/2024).



“Sepengetahuan saya, rudal-rudal itu ditembak jatuh atau gagal; tidak ada satu pun yang mengenai kapal AS,”katanya lagi.

Menurut laporan televisi al-Masirah yang dikelola Houthi, kelompok Houthi menargetkan tiga kapal perusak Angkatan Laut AS yang mendukung Israel dengan 23 rudal balistik dan jelajah serta satu pesawat nirawak.

Laporan itu mengeklaim bahwa ketiga kapal tersebut terkena serangan langsung dan menambahkan bahwa serangan itu dilakukan dengan peluncuran rudal dan pesawat nirawak secara bersamaan ke sasaran-sasaran di Israel.

“Operasi-operasi ini tidak akan berhenti sampai agresi di Gaza dan Lebanon berhenti," kata kelompok Houthi melalui juru bicaranya.

Kelompok bersenjata Yaman tersebut telah menyerang kapal-kapal yang berafiliasi dengan Israel di Laut Merah dan Teluk Aden sejak Oktober tahun lalu sebagai bentuk solidaritas dengan warga Palestina di Gaza di tengah operasi Israel.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1041 seconds (0.1#10.140)