Presiden Brasil Tuduh Leonardo DiCaprio Danai Kebakaran di Amazon

Sabtu, 30 November 2019 - 16:01 WIB
Presiden Brasil Tuduh Leonardo DiCaprio Danai Kebakaran di Amazon
Presiden Brasil Tuduh Leonardo DiCaprio Danai Kebakaran di Amazon
A A A
SAO PAULO - Presiden Brasil Jair Bolsonaro menuduh bintang Hollywood Leonardo DiCaprio mendanai kebakaran di hutan hujan Amazon. Meski demikian, Bolsonaro tak memberikan bukti apapun atas tuduhan tersebut.

Dunia internasional menyalahkan pemerintah Brasil yang dianggap kurang cepat mengatasi kebakaran tersebut. Menurut Bolsonaro di media sosial, organisasi lingkungan World Wildlife Fund (WWF) membayar untuk gambar-gambar yang diambil relawan pemadam kebakaran yang kemudian digunakan untuk meminta sumbangan, termasuk donasi USD500.000 dari DiCaprio.

WWF menyangkal menerima donasi dari DiCaprio atau mendapatkan foto-foto dari pemadam kebakaran. "Leonardo DiCaprio ini pria keren bukan? Memberi uang untuk membakar Amazon," tuduh Bolsonaro dalam pernyataan singkat di depan kediaman kepresidenan.

DiCaprio menyangkal memberikan donasi pada WWF. Dalam pernyataannya, aktor itu menyatakan, "Warga Brasil bekerja untuk menyelamatkan warisan alam dan budaya mereka. Meski mendukung, kami tidak mendanai organisasi yang ditargetkan."

DiCaprio selama ini menjadi salah satu selebritas yang banyak berbicara tentang isu-isu lingkungan termasuk kebakaran hutan Amazon. Leonardo DiCaprio Foundation yang fokus pada proyek perlindungan kehidupan liar dari kepunahan menjadi bagian dari Earth Alliance.

empat anggota organisasi nonpemerintah Alter do Chao Fire Brigade ditahan pada Selasa (26/11) dengan tuduhan mereka sengaja membakar untuk mendokumentasikan kebakaran itu dan mendorong lebih banyak donasi. Mereka kemudian dibebaskan pada Kamis (28/11) atas perintah hakim.

Para politisi dan NGO mengkritik keras penahanan itu. Mereka menganggap penahanan itu sebagai upaya pemerintah memojokkan berbagai kelompok lingkungan.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3618 seconds (0.1#10.140)