22 Demonstran Tewas, PM Irak Pecat Komandan Militer

Kamis, 28 November 2019 - 22:39 WIB
22 Demonstran Tewas, PM Irak Pecat Komandan Militer
22 Demonstran Tewas, PM Irak Pecat Komandan Militer
A A A
BAGHDAD - Perdana Menteri (PM) Irak, Adil Abdul Mahdi, memecat komandan militer yang sebelumnya diutus untuk memulihkan ketertiban di kota bagian selatan yang dilanda protes yang berujung pada tewasnya 22 pengunjuk rasa.

Abdul Mahdi mengirim Jenderal Jamil Shumary ke kota Nasiriyah pada Kamis (28/11/2019) pagi. Kekerasan meletus setelah perdana menteri mengirim komandan militer untuk "memulihkan ketertiban" di selatan yang dilanda protes. Tindakan itu dilakukan beberapa jam setelah demonstran membakar konsulat Iran di kota tempat suci Karbala. (Baca: Demonstran Irak Mengamuk, Konsulat Iran Dibakar )

Menyusul pecahnya aksi kekerasan itu, jumlah korban dalam pertumpahan darah di kota itu meningkat menjadi 22 demonstran dan lebih dari 180 lainnya terluka.

Televisi Irak mengumumkan Abdul Mahdi telah "menarik" Shummary dari pos pada sore hari seperti dikutip dari Al Arabiya.

Setidaknya 350 orang telah tewas dan ribuan lainnya terluka dalam apa yang telah menjadi gerakan akar rumput terbesar melawan pemerintah dalam sejarah Irak. Kerusuhan telah menjadi tantangan terbesar negara itu sejak kekalahan kelompok teror ISIS yang mengambil alih wilayah yang luas di Irak beberapa tahun lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7780 seconds (0.1#10.140)