alexametrics

Kendaraan Militer Canggih Saat Ini dan Masa Depan

loading...
Kendaraan Militer Canggih Saat Ini dan Masa Depan
Kendaraan Militer Canggih Saat Ini dan Masa Depan
A+ A-
KENDARAAN yang digunakan oleh militer baik untuk terlibat dalam pertempuran atau mengangkut personel dikenal sebagai kendaraan militer. Setelah Perang Dunia II hingga saat ini, teknologi kendaran militer terus mengalami evolusi sehingga membuat mesin kendaraaan militer lebih canggih, efisien dan efektif. Berikut 10 kendaraan militer paling canggih saat ini dan masa depan.

1. Stryker
Kendaraan Militer Canggih Saat Ini dan Masa Depan
Pabrikan : General Dynamics Land SystemsIAV Stryker adalah nama umum dari keluarga kendaraan tempur lapis baja yang bersenjata lengkap dan gesit karena mudah dikerahkan. Intinya, mereka adalah hibrida antara IFV (kendaraan infanteri) dan APC (kendaraan personel lapis baja). Stryker menyediakan dukungan komputer (elektronik) luas untuk operator, membantu mereka dalam melacak target pertemanan dan musuh. Kemampuan thermal imaging-nya jauh melebihi kebanyakan kendaraan lapis baja lainnya.

2. Krasukha-4 Electronic Warfare System
Kendaraan Militer Canggih Saat Ini dan Masa Depan
Pabrikan : KRET Corporation/BAZKrasukha-4 mungkin adalah sistem peperangan elektronik truk-mount paling kuat di dunia. Dengan jangkauan operasional 300 km, sistem EW Rusia ini dapat secara efektif mengganggu AWAC dan bahkan satelit Orbit Bumi Rendah. Kendaraan ini cukup kuat untuk mengangkut rudal yang dipandu radar dan sistem pengawasan musuh seperti UAV dan radar darat.



Keseluruhan pemasangan dipasang pada traktor artileri quad-axle BAZ-6910-022 yang ditenagai oleh mesin diesel V12. Sistem EW Krasukha-4 digunakan secara aktif oleh pasukan Rusia di Suriah.

3. Electronic Warfare Tactical Vehicle

Kendaraan Militer Canggih Saat Ini dan Masa Depan


Perancang : SRCTec, Inc
Electronic Warfare Tactical Vehicle atau EWTV adalah sistem EW yang dipasang di truk yang dikembangkan untuk Angkatan Darat AS. Ini mengakomodasi versi modifikasi dari sistem perang elektronik CREW Duke, yang saat ini digunakan oleh tentara dalam peran kontra-RCIED (Radio-Controlled Improvised Explosive Device).

EWTV dapat mendeteksi dan memacetkan komunikasi musuh di spektrum frekuensi yang luas termasuk di antaranya drone dan IED. Untuk melindungi perangkat keras elektronik dan pengontrolnya, kendaraan ini menggunakan kendaraan lapis baja MRAP (tahan ranjau) dengan kursi yang dilindungi oleh ledakan dan perut bagian bawah.

4. S-400 Triumph

Kendaraan Militer Canggih Saat Ini dan Masa Depan


Pabrikan : MKB Fakel
S-400 Triumph buatan Rusia adalah salah satu sistem rudal pertahanan udara paling canggih saat ini. Satu unit S-400 terdiri dari enam sistem rudal darat-ke-udara (SAM), sistem manajemen pertempuran, dan beberapa kendaraan pendukung lainnya. S-400 memiliki jangkauan deteksi target 600 km (150 km untuk yang sembunyi-sembunyi), sementara itu dapat melacak sekitar 300 target secara bersamaan.

Detektor Ketinggian Tinggi (radar 96L6E) meningkatkan kemampuan pendeteksian pesawat sistem. Ada empat jenis rudal yang dapat dilengkapi dengan sistem; Rudal 40N6E dengan jarak dekat 400 km; 48N6 rudal dengan jangkauan 250 km; Rudal 9M96E2 dengan jangkauan 200 km; dan rudal 9M96E dengan jangkauan 40 km.

5. Active Denial System
Kendaraan Militer Canggih Saat Ini dan Masa Depan
Pabrikan : A.S Military / RaytheonActive Denial System atau ADS adalah senjata energi yang dikembangkan oleh AS untuk berbagai tugas termasuk pengendalian kerusuhan dan penolakan wilayah. Senjata ini bekerja dengan menimbulkan rasa sakit dengan memanaskan target manusia dari jarak cukup jauh.

Saat diaktifkan, senjata menembakkan sinar 95 GHz terarah terarah ke arah target. ADS diketahui menyebabkan luka bakar tingkat kedua, namun hanya menembus lapisan kulit paling atas (sekitar 0,4 mm). Sistem ini dikerahkan dalam Perang Afghanistan pada 2010 tetapi ditarik kembali tanpa tindakan garis depan.

6. Black Knight

Kendaraan Militer Canggih Saat Ini dan Masa Depan


Pabrikan : Sistem BAE
Status : Prototipe
Kendaraan tempur lapis baja tak berawak, Black Knight sedang dikembangkan secara aktif oleh BAE Systems yang akan melakukan tugas-tugas jarak jauh seperti penyelidikan dan pengumpulan intelijen untuk militer di masa depan.

Kendaraan dapat dikontrol oleh operator di dalam Bradley Fighting Vehicle dari jarak yang aman, sementara itu juga dapat dikontrol oleh tentara yang diturunkan. Banyak tugas penting seperti perencanaan rute dan navigasi dapat dilakukan oleh kendaraan ini tanpa bantuan manusia. Black Knight dilengkapi dengan meriam 30 mm dan senapan mesin 7,62 mm.

7. Joint Light Tactical Vehicle

Kendaraan Militer Canggih Saat Ini dan Masa Depan


Pabrikan : Oshkosh Defense
Joint Light Tactical Vehicle (JLTV) adalah bagian dari proyek jangka panjang untuk menggantikan kendaraan ringan Humvee, yang banyak digunakan di Militer AS saat ini. JLTV adalah unit seluler dengan kinerja off-road yang sangat tinggi. Seperti Humvee, mereka dapat digunakan dalam peran/konfigurasi yang berbeda.

Satu unit Joint Light Tactical Vehicle memiliki dua perlengkapan pelindung (kit-A / kit-B) yang dapat digunakan. A-kit, yang dipasang oleh pabrik, memberikan jumlah perlindungan terbatas atau dasar. B-kit dapat diinstal (dan dihapus) untuk perisai tambahan.

8. Iveco SuperAV

Kendaraan Militer Canggih Saat Ini dan Masa Depan


Pabrikan : Sistem Iveco / BAE
The Iveco SuperAV adalah pengangkut personel lapis baja amfibi yang dikembangkan oleh pabrikan Italia Iveco S.p.A. Di atas air, kendaraan memiliki kecepatan tertinggi 10 km / jam dengan jangkauan operasional 64 km.

Ini memiliki kapasitas muatan sekitar 9 ton. Pada 2018, Korps Marinir AS mengumumkan bahwa versi SuperAV yang dimodifikasi (oleh BAE Systems) akan menggantikan kendaraan amfibi penyerangan AAVP7A1 RAM / RS yang saat ini dalam pelayanan.

9. Polaris MRZR
Kendaraan Militer Canggih Saat Ini dan Masa Depan
Pabrikan : Polaris IndustriesMiliter / Marinir RZR (MRZR) adalah kendaraan mobilitas segala cuaca, sangat ringan yang saat ini dalam pelayanan dengan Marinir Amerika Serikat (AS) dan unit Satuan Tugas Operasi Khusus Angkatan Darat AS. Keindahan kendaraan ini adalah dapat digunakan dalam jarak jauh oleh hampir semua pesawat militer termasuk Bell V-22 Osprey.

Kendaraan ini telah membuktikan dirinya cukup efektif dalam mengangkut pasukan dan membuktikan dukungan logistik di lokasi terpencil. Kendaraan ini memiliki kapasitas muatan sekitar 680 kg.

10. RMMV Survivor R



Pabrikan : RMMV / Achleitner
Survivor RMMV R adalah kendaraan lapis baja multi-peran yang dikembangkan bersama oleh Achleitner (Austria) dan Kendaraan Militer Rheinmetall MAN. Survivor R hadir dalam tiga konfigurasi berbeda; peran komando dan kontrol, perang CBRN (kimia, biologi, radiologis, dan nuklir), dan ambulans.

Kendaraan ini ditenagai oleh mesin diesel 6 silinder toleran bahan bakar tinggi yang menghasilkan 340 tenaga kuda dan torsi 1.250. Ini fitur transmisi otomatis 12 kecepatan penuh dan sistem inflasi ban sentral.

Sumber: www.rankred.com
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak