alexametrics

Indonesia Setuju Repatriasi Kerangka Tentara Jepang Korban PD II

loading...
Indonesia Setuju Repatriasi Kerangka Tentara Jepang Korban PD II
Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno LP Marsudi bertemu Menlu Jepang Motegi Toshimitsu di Nagoya, Jumat (22/11/2019). Foto/Kementerian Luar Negeri (Mofa) Jepang
A+ A-
NAGOYA - Pemerintah Indonesia setuju bekerja sama untuk melakukan repatriasi kerangka tentara Jepang yang tewas selama Perang Dunia Kedua (PD II). Kesepakatan ini muncul dalam pertemuan Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno LP Marsudi dan Menlu Jepang Motegi Toshimitsu di Nagoya, Jumat (22/11/2019).

"Kedua belah pihak telah menyetujui untuk bekerja sama demi pelaksanaan repatriasi kerangka tentara Jepang yang gugur di Indonesia selama Perang Dunia Kedua," kata Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dalam sebuah keterangan pers yang diterima SINDOnews.com.

Repatriasi kerangka tentara korban PD II itu hanya satu dari sejumlah topik yang dibahas dalam pertemuan bilateral dua diplomat top tersebut. "Menlu Motegi meminta kepada Menlu Retno agar larangan terhadap impor produk makanan Jepang dicabut secepat mungkin," lanjut Kedutaan Jepang.



Retno dan Montegi juga bertukar pendapat tentang pertukaran warga, termasuk penerimaan sumber daya manusia (SDM) Indonesia di Jepang.

Isu regional tak luput dibahas kedua Menlu, termasuk krisis Laut China Selatan. Menlu Motegi mengatakan bahwa Jepang mendukung gagasan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP). "Menlu Retno menyambut baik hal tersebut," sambung Kedutaan Jepang.

"Menlu Motegi menyampaikan tekadnya untuk memperkokoh kerja sama di bidang kemaritiman melalui terlaksananya pembangunan pulau-pulau terluar serta kerja sama teknik dengan BAKAMLA (Badan Keamanan Laut) secara mantap."

Pembicaraan bilateral digelar sekitar 25 menit di sela-sela pertemuan G-20. Sebelum pembicaraan inti dimulai, Menlu Motegi menyampaikan ucapan selamat atas pelantikannya kembali Retno LP Marsudi sebagai Menteri Luar Negeri Republik Indonesia.

Diplomat Jepang tersebut mengatakan negaranya bertekad untuk meningkatkan kerja sama secara aktif di bidang pembangunan infrastruktur dan pembangunan SDM yang ditetapkan sebagai prioritas pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) jilid II.

Menanggapi hal tersebut, Menlu Retno juga menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Motegi Toshimitsu sebagai Menteri Luar Negeri Jepang serta suksesnya Jepang sebagai ketua G-20 tahun ini. Retno menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo berkomitmen untuk memperkuat hubungan dengan Jepang sehingga empat Menteri Indonesia, termasuk dirinya, berkunjung ke Jepang dalam pekan ini.
(mas)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak