alexametrics

AS Terus Desak Turki Singkirkan S-400

loading...
AS Terus Desak Turki Singkirkan S-400
Sistem pertahanan rudal S-400 Rusia. Foto/Istimewa
A+ A-
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) terus mendesak Turki untuk "menyingkirkan" sistem pertahanan sistem pertahanan rudal S-400 Rusia. Hal itu dilakukan untuk mengatasi kebuntuan dengan Washington yang menilai pengadaan sistem pertahanan itu sebagai ancaman bagi kemampuan pertahanan NATO.

"Ada ruang bagi Turki untuk kembali ke meja (perundingan). Mereka tahu bahwa untuk melakukan pekerjaan ini mereka perlu menghancurkan atau kembali atau entah bagaimana menyingkirkan S-400," kata pejabat senior Departemen Luar Negeri AS pada wartawan dalam sebuah briefing seperti dilansir dari Reuters, Jumat (22/11/2019).

Ankara dan Washington berselisih soal pembelian S-400 oleh Turki. Menurut Washington S-400 tidak kompatibel dengan sistem pertahanan NATO dan menimbulkan ancaman bagi jet tempur siluman F-35 miliknya.



Sebagai tanggapan, Amerika Serikat menangguhkan Turki dari program F-35 dan memperingatkan kemungkinan sanksi atas kesepakatan tersebut, meskipun belum memberlakukannya.

Pekan lalu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden AS Donald Trump bertemu di Gedung Putih untuk membahas perbedaan yang menajam mulai dari S-400 hingga kebijakan Suriah. Selama pembicaraan, Trump mendesak Erdogan untuk "menyingkirkan" sistem S-400 sebagai pengganti sistem pertahanan rudal AS Patriot.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak