alexametrics

Ukraina: Rusia Kembalikan Kapal dalam Kondisi Buruk

loading...
Ukraina: Rusia Kembalikan Kapal dalam Kondisi Buruk
Tentara Ukraina berdiri dekat kapal Nikopol, satu dari tiga kapal yang ditahan Rusia, di pelabuhan Ochakiv, Ukraina, 20 November. Foto/REUTERS/Oleg Novikov
A+ A-
KIEV - Tiga kapal Angkatan Laut (AL) Ukraina yang ditangkap Rusia pada November lalu dan dibebaskan pada Selasa (19/11) berada dalam kondisi sangat buruk dan tak dapat bergerak independen.

Rusia menyita tiga kapal di Selat Kerch tahun lalu setelah melepas tembakan ke arah mereka dan melukai beberapa pelaut. Moskow menyatakan kapal-kapal itu secara ilegal masuk ke wilayah perairan Rusia. Ukraina menyangkal tuduhan itu.

Komandan AL Ukraina Laksamana Madya Ihor Voronchenko menyatakan kapal-kapal itu belum mencapai wilayah perairan Ukraina karena ditarik sangat lambat.



"Mereka tidak pergi sendiri. Rusia merusaknya, bahkan melepas lampu-lampu, outlet listrik dan toilet. Kami akan menunjukkan pada seluruh dunia tentang perilaku Rusia terhadap kapal-kapal itu," papar Ihor Voronchenko, dilansir Reuters.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy akan menyambut kapal-kapal itu di pelabuhan Ochakiv di selatan Mykolayiv.

Rusia telah memulangkan para pelaut yang bertugas di atas kapal itu ke Ukraina pada September sebagai bagian dari pertukaran tahanan.
(sfn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak