Mahinda Rajapaksa Dilantik Sebagai PM Sri Lanka oleh Saudaranya

Kamis, 21 November 2019 - 02:01 WIB
Mahinda Rajapaksa Dilantik Sebagai PM Sri Lanka oleh Saudaranya
Mahinda Rajapaksa Dilantik Sebagai PM Sri Lanka oleh Saudaranya
A A A
COLOMBO - Presiden Sri Lanka yang baru terpilih, Gotabaya Rajapaksa, akan menunjuk kakak kandung sekaligus pemimpin oposisi sekarang Mahinda Rajapaksa sebagai perdana menteri (PM) sementara.

Juru bicara partai mengungkapkan itu pada Rabu (20/11), hanya beberapa jam setelah PM Ranil Wickremesinghe menyatakan rencananya untuk mundur. Ranil Wickremesinghe berencana menyerahkan pengunduran dirinya pada Kamis (21/11), setelah calon dari partainya kalah dalam pemilu presiden melawan adik kandung Mahinda, Gotabaya Rajapaksa, pada akhir pekan lalu.

"Saya telah memutuskan mundur dari posisi PM untuk memberi ruang pada Presiden baru membentuk pemerintahannya sendiri," kata Wickremesinghe.

Para petinggi pemerintahan menyatakan pemilu parlemen akan berlangsung sekitar April dan Mahinda akan menjadi calon PM dari partainya, Sri Lanka Podujana Peramuna (SLPP).

"Mahinda Rajapaksa dilantik secara resmi sebagai PM dan mulai menjabat pada Kamis (21/11)," ungkap Keheliya Rambukwella, juru bicara SLPP yang dipimpin Mahinda.

Ini berarti dua kakak beradik itu memegang posisi puncak dalam pemerintahan Sri Lanka secara bersamaan untuk pertama kali dalam sejarah.

Gotabaya Rajapaksa yang juga anggota SLPP mengalahkan calon presiden dari partai yang dipimpin Wickremesinghe pada pemilu 16 November. Gotabaya sebelumnya menjabat sebagai menteri pertahanan di era pemerintahan Mahinda saat menjadi presiden pada 2005-2015.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2661 seconds (0.1#10.140)