alexametrics

Trump Desak Jepang Bayar Rp112 Triliun untuk Tentara AS

loading...
Trump Desak Jepang Bayar Rp112 Triliun untuk Tentara AS
Presiden AS Donald Trump berada di Gedung Putih, Washington, 14 November. Foto/REUTERS/Jonathan Ernst
A+ A-
TOKYO - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendesak Jepang membayar empat kali lipat lebih banyak untuk pasukan AS yang ditempatkan di sana.Berdasarkan beberapa sumber pejabat aktif dan mantan pejabat AS, tindakan itu dilakukan saat Washington menekan aliansinya meningkatkan belanja pertahanan mereka.
"AS ingin Tokyo menambah pembayaran tahunan untuk 54.000 tentara AS di Jepang menjadi sekitar USD8 miliar (Rp112 triliun) dari sebelumnya USD2 miliar," ungkap laporan Foreign Policy, mengutip tiga sumber mantan pejabat pertahanan AS.

Kesepakatan yang ada saat ini akan berakhir pada Maret 2021.

Desakan AS itu dilakukan pada para pejabat Jepang selama kunjungan oleh John Bolton dan Matt Pottinger pada Juli. Bolton saat itu masih menjadi penasehat keamanan nasional Trump. Pottinger ketika itu adalah direktur asia untuk Dewan Keamanan Nasional AS.



Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Jepang menyatakan laporan oleh Foreign Policy itu tidak benar dan tak ada negosiasi AS-Jepang untuk kesepakatan baru yang telah dilakukan.

Perwakilan pemerintah AS belum memberikan komentar terkait isu itu.

Banyak aliansi AS mendapat tekanan untuk membayar lebih banyak dalam belanja pertahanan, terutama terkait penempatan pasukan AS di Jepang dan Korea Selatan. Trump juga telah meminta Korea Selatan membayar lebih banyak untuk penempatan pasukan AS di sana.
(sfn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak