alexametrics

Partai Buruh Janji Gratiskan Internet di Penjuru Inggris

loading...
Partai Buruh Janji Gratiskan Internet di Penjuru Inggris
BT Tower milik British Telecom (BT) terlihat di London, Inggris. Foto/REUTERS/Simon Dawson
A+ A-
LONDON - Oposisi Partai Buruh Inggris akan menasionalisasi provider telekomunikasi jaringan telepon British Telecom (BT) untuk menyediakan layanan internet gratis bagi seluruh rakyat jika menang pada pemilu 12 Desember.

Pernyataan itu menjadi rencana terbaru Partai Buruh selama kampanye untuk melakukan nasionalisasi infrastruktur. Kabar ini membuat saham BT turun hingga 3,7%, membuat nilai kapitalnya merosot hampir setengah miliar poundsterling.

"Rencana itu membutuhkan perbaikan infrastruktur internet Inggris yang akan dibayar dengan menaikkan pajak untuk sejumlah perusahaan teknologi seperti Alphabet’s Google, Amazon dan Facebook serta menggunakan dana Green Transformation," ungkap pernyataan Partai Buruh.



Partai Buruh juga akan menasionalisasi Openreach, sayap jaringan digital provider telepon seluler dan broadband terbesar di Inggris, serta bagian dari BT Technology, BT Enterprise dan BT Consumer.

"Ini saatnya membuat broadband full-fiber sangat cepat gratis untuk siapa saja, di setiap rumah di setiap sudut negeri," kata Ketua Partai Buruh Jeremy Corbyn, dilansir kantor berita Reuters.

Dia menambahkan, "Dengan menciptakan Broadband Inggris sebagai layanan publik, kita akan memimpin dunia dalam menggunakan investasi publik untuk mengubah negeri kita, mengurangi tagihan bulanan rakyat, mendorong ekonomi kita dan memperbaiki kualitas hidup rakyat."

BT yang memiliki sejarah sebagai perusahaan telegraph pada 1846 pernah menjadi andalan Inggris tapi diprivatisasi oleh pemerintahan Partai Konservatif Margaret Thatcher pada 1984.
(sfn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak