alexametrics

Safadi Muncul Sebagai Perdana Menteri Pilihan Tiga Partai Lebanon

loading...
Safadi Muncul Sebagai Perdana Menteri Pilihan Tiga Partai Lebanon
Mantan Menteri Keuangan Lebanon Mohammad Safadi dipilih sebagai perdana menteri mendatang. Foto/REUTERS/Cynthia Karam
A+ A-
BEIRUT - Tiga partai besar di Lebanon sepakat memilih Mohammad Safadi sebagai perdana menteri (PM) selanjutnya. Pemilihan itu menunjukkan kemajuan dalam membentuk pemerintahan baru di tengah krisis ekonomi akut.

Saad al-Hariri mundur dari jabatan PM pada 29 Oktober setelah mendapat tekanan dari pengunjuk rasa yang mengkritik elit politik korup membawa Lebanon mengalami krisis ekonomi terburuk sejak perang sipil 1975-1990.

Kesepakatan memilih Safadi muncul saat rapat pada Kamis (15/11) antara Hariri dan perwakilan grup Hizbullah dan aliansi Amal. Safadi merupakan mantan menteri keuangan Lebanon.



Laporan ini pertama kali dirilis oleh kantor penyiaran Lebanon, LBCI dan MTV.

Sumber yang mengetahui pertemuan itu menjelaskan, Hariri tidak keberatan dengan pemilihan Safadi. Anggota parlemen dari Partai Gerakan Masa Depan yang dipimpin Hariri akan mengusulkan Safadi dalam proses resmi dalam waktu dekat.

Sumber kedua yang dekat dengan Amal dan Hizbullah menjelaskan, "Kesepakatan tentang nominasi Safadi muncul dalam rapat itu."

Belum ada konfirmasi resmi dari berbagai partai atau Safadi tentang penunjukan tersebut.

Safadi, 75, merupakan pebisnis ternama dan mantan anggota parlemen dari kubu Sunni di Tripoli. Dia pernah menjabat menteri keuangan dan menteri perdagangan serta ekonomi.

Menurut sistem pembagian kekuasaan sektarian, PM Lebanon harus dari kalangan Muslim Sunni. Siapa pun PM mendatang, pemerintahan baru akan menghadapi tantangan berat mengatasi krisis ekonomi dan krisis politik.
(sfn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak