alexametrics

Trump: Eropa Harus Bayar Lebih Banyak untuk Pengungsi Suriah

loading...
Trump: Eropa Harus Bayar Lebih Banyak untuk Pengungsi Suriah
Presiden AS Donald Trump menggelar konferensi pers di Gedung Putih. Foto/REUTERS
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menegaskan Eropa harus membayar lebih banyak untuk biaya terkait pengungsi Suriah.

Pernyataan itu dilontarkan Trump setelah bertemu Presiden Turki Tayyip Erdogan pada Rabu (13/11). Saat ini Turki menanggung sebagian besar biaya pengungsi Suriah yang mayoritas tinggal di negara tersebut.

"Saya pikir sejujurnya Eropa harus membayar untuk ini dengan lebih banyak. Karena saat ini Turki telah membayar sebagian besar dari itu," papar Trump saat konferensi pers di Gedung Putih bersama Erdogan, dilansir Reuters.



Operasi militer Turki yang dilancarkan di Suriah timur laut berupaya mencitakan zona aman untuk menampung para pengungsi Suriah yang kini masih berada di Turki. Selama operasi militer itu Turki menargetkan milisi Kurdi YPG yang selama ini menjadi aliansi AS dalam memerangi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Turki dan AS membuat kesepakatan untuk mengusir milisi Kurdi dari zona aman tersebut. Turki juga membuat kesepakatan dengan Rusia untuk tujuan yang sama, mengusir milisi Kurdi dari wilayah perbatasan Suriah-Turki.

Ankara ingin merelokasi jutaan pengungsi Suriah ke zona aman sehingga mengurangi beban Turki dalam menampung para pengungsi. Negara-negara Eropa sejauh ini dianggap kurang memberikan dukungan dana untuk para pengungsi Suriah yang sebagian besar tinggal di wilayah Turki.
(sfn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak