alexametrics

Helikopter Jatuh Saat Padamkan Kebakaran Hutan di Australia

loading...
Helikopter Jatuh Saat Padamkan Kebakaran Hutan di Australia
Sebuah helikopter jatuh saat operasi pemadaman kebakaran hutan di Australia. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
CANBERRA - Sebuah helikopter jatuh ketika digunakan untuk memadamkan kebakaran hutan di negara bagian Queensland, Australia utara, Rabu (13/11/2019).

"Helikopter itu jatuh saat operasi waterbombing di kebakaran Pechey hari ini," kata juru bicara Dinas Kebakaran dan Darurat Queensland kepada AFP, yang dinukil Channel News Asia.

Juru bicara Dinas Ambulans Queensland mengatakan helikopter penyelamat dikirim ke tempat kejadian dan pilot mendapatkan perawatan karena mengalami cedera ringan.



"Kami membawa satu laki-laki dengan cedera yang tidak mengancam jiwa ke Rumah Sakit Toowoomba," kata juru bicara itu.

Pilot sekarang dalam kondisi stabil.

Sebelumnya, para pejabat Australia memerintahkan evakuasi di beberapa komunitas, termasuk tujuan wisata utama, ketika petugas pemadam kebakaran berjuang untuk menahan laju kebakaran hutan yang mengamuk di sepanjang pantai timur negara itu.

Kebakaran hutan merupakan ancaman umum dan mematikan di musim panas yang kering dan panas di Australia. Namun keganasan dan kemunculan yang datang lebih awal tahun ini di musim semi di belahan bumi selatan telah mengejutkan banyak orang. Kebakaran di Australia sejauh ini telah merenggut tiga nyawa dan menghancurkan sekitar 2,5 juta hektar lahan pertanian dan semak.

Kebakaran dipicu oleh kondisi yang sangat kering setelah tiga tahun kekeringan di bagian New South Wales (NSW) dan Queensland, yang menurut para ahli telah diperburuk oleh perubahan iklim.

Sekitar 150 kebakaran terjadi di kedua negara bagian itu menjelang sore hari waktu setempat. Lebih dari 1,1 juta hektar lahan telah dibakar atau terbakar, dan kondisi panas dan berangin akan meningkat lagi minggu depan.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak