alexametrics

China: Taiwan Buat Resah dengan Tuduh Beijing Akan Menyerang

loading...
China: Taiwan Buat Resah dengan Tuduh Beijing Akan Menyerang
Menlu Taiwan Joseph Wu berbicara di Taipei, Taiwan pada 6 November. Foto/REUTERS/Fabian Hamacher
A+ A-
BEIJING - China menyatakan Taiwan membuat resah dengan menyebut kemungkinan serangan militer oleh Beijing. Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Taiwan Joseph Wu menyatakan Beijing dapat melancarkan konflik militer dengan Taipei untuk mengalihkan isu domestik jika ekonomi terus melemah.

Saat pemilu presiden segera digelar pada Januari, China meningkatkan kampanye reunifikasi terhadap Taiwan. Selama ini China telah mengurangi aliansi diplomatik Taiwan dan menerbangkan sejumlah pesawat militer dan kapal perang di sekitar pulau itu.

Juru bicara Kantor Urusan Taiwan di China, Ma Xiaoguang menjelaskan bahwa komentar Wu hanya omong kosong. "Baru-baru ini, dengan tujuan mencari keuntungan untuk pemilu, mereka telah melontarkan berbagai kebohongan untuk intimidasi, ancaman dan menyesatkan rakyat Taiwan," ujar Ma, dilansir Reuters.



"Saya pikir teman-teman di kedua sisi Selat Taiwan harus sangat waspada dan tidak mudah disesatkan," papar Ma.

Ma menegaskan bahwa ekonomi China dalam kondisi baik. "Dengan situasi ekonomi yang rumit sekarang, kondisi pembangunan ekonomi daratan masih baik, dan ini bukan sesuatu yang seperti dikatakan Joseph Wu," ungkap dia.

Pertumbuhan ekonomi China diperkirakan melemah ke level terendah dalam 30 tahun pada 2019 sehingga Beijing meningkatkan stimulus untuk mempertahankan pertumbuhan.

Ma menegaskan, China menginginkan reunifikasi damai dengan Taiwan. Menurut dia, Taiwan mencoba menutupi masalah ekonomi pulau tersebut.
(sfn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak