AS Ogah Tarik Sistem Rudal Typhon dari Filipina Meski China Marah

Kamis, 19 September 2024 - 13:15 WIB
loading...
AS Ogah Tarik Sistem...
Amerika Serikat enggan menarik sistem rudal Typhon dari Filipina meski China marah. Foto/US Army
A A A
MANILA - Amerika Serikat (AS) menolak seruan untuk menarik sistem rudal jarak menengah Typhon yang ditempatkan di Filipina. Washington mengabaikan kemarahan China, yang keberatan dengan keberadaan senjata tersebut.

Alih-alih mengindahkan keberatan Beijing, Washington justru sedang menguji kelayakan penggunaan senjata itu dalam konflik regional. Demikian diungkap sumberFilipina yang mengetahui masalah tersebut, sebagaimana dikutip Reuters, Kamis (19/9/2024).

Sistem Typhon, yang dapat dilengkapi dengan rudal jelajah yang mampu menyerang target di China, dibawa Amerika untuk latihan gabungan di Filipina awal tahun ini.

Meski latihan tempur gabungan itu sudah rampung, senjata itu tetap berada Filipina.



Filipina, tetangga Taiwan di selatan, merupakan bagian penting dari strategi AS di Asia dan akan menjadi titik persiapan yang sangat diperlukan bagi militer untuk membantu Taipei jika terjadi serangan China.

China dan Rusia mengecam tindakan AS tersebut—pengerahan pertama sistem rudal Typhon ke Indo-Pasifik—dan menuduh Washington memicu perlombaan senjata.

Pengerahan senjata tersebut, yang beberapa rinciannya belum dilaporkan sebelumnya, terjadi saat China dan sekutu perjanjian pertahanan AS, Filipina, berselisih mengenai beberapa bagian Laut China Selatan yang diperebutkan dengan sengit.

Beberapa bulan terakhir telah terjadi serangkaian konfrontasi laut dan udara di jalur perairan strategis tersebut.

Para pejabat Filipina mengatakan pasukan Filipina dan AS terus berlatih dengan sistem rudal tersebut, yang berada di Luzon utara yang menghadap Laut China Selatan dan dekat dengan Selat Taiwan, dan mereka tidak mengetahui rencana segera untuk memulangkannya, meskipun latihan bersama berakhir bulan ini.

Juru bicara Angkatan Darat Filipina, Kolonel Louie Dema-ala, mengatakan pada hari Rabu bahwa pelatihan telah berlangsung dan terserah kepada Angkatan Darat Amerika Serikat di Pasifik (USARPAC) untuk memutuskan berapa lama sistem rudal itu akan bertahan.

Seorang pejabat urusan publik untuk USARPAC mengatakan bahwa Angkatan Darat Filipina telah mengatakan bahwa sistem Typhon dapat bertahan setelah bulan September.

Seorang pejabat senior pemerintah Filipina, yang berbicara dengan syarat anonim, dan orang lain yang mengetahui masalah tersebut mengatakan bahwa AS dan Filipina sedang menguji kelayakan penggunaan sistem itu di sana jika terjadi konflik, menguji seberapa baik sistem itu bekerja di lingkungan tersebut.

Pejabat pemerintah itu mengatakan bahwa Typhon—sistem modular yang dimaksudkan untuk dapat dipindahkan dan dipindahkan sesuai kebutuhan—berada di Filipina untuk "uji kelayakan penyebarannya di negara itu, sehingga ketika dibutuhkan, sistem itu dapat dengan mudah disebarkan di sini."

Kantor Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr tidak menanggapi permintaan komentar.

Angkatan Darat AS menerbangkan Typhon, yang dapat meluncurkan rudal termasuk rudal SM-6 dan Tomahawk dengan jangkauan melebihi 1.600 kilometer (994 mil), ke Filipina pada bulan April dalam apa yang disebutnya sebagai "yang pertama kali bersejarah" dan "langkah signifikan dalam kemitraan kami dengan Filipina."

Sebuah catatan oleh US Congressional Research Service, sebuah lembaga kebijakan Kongres AS, yang diterbitkan pada saat itu mengatakan bahwa tidak diketahui apakah penempatan sementara ini pada akhirnya dapat menjadi permanen.

Pada bulan Juli, juru bicara militer Dema-ala mengonfirmasi peluncur rudal Typhon masih berada di pulau-pulau utara Filipina dan mengatakan tidak ada tanggal pasti kapan akan "dikirim keluar", mengoreksi pernyataan sebelumnya bahwa peluncur akan berangkat pada bulan September.

Citra satelit yang diambil pada hari Rabu oleh Planet Labs, sebuah perusahaan satelit komersial, dan ditinjau oleh Reuters menunjukkan sistem Typhon di Bandara Internasional Laoag, di provinsi Ilocos Norte.

Jeffrey Lewis, direktur Program Nonproliferasi Asia Timur di Pusat Studi Nonproliferasi James Martin, yang menganalisis citra tersebut, mengatakan sistem tersebut masih ada.

Pejabat senior pemerintah mengatakan tidak ada rencana segera untuk menariknya.

"Jika memang akan ditarik keluar, itu karena tujuannya telah tercapai, dan mungkin akan dibawa (kembali) setelah semua perbaikan atau pembangunan selesai," kata pejabat tersebut, seraya menambahkan bahwa ada nilai strategis bagi Filipina dalam mempertahankan sistem tersebut untuk menghalangi China.

"Kami ingin membuat mereka tidak bisa tidur," ujarnya.

AS telah mengumpulkan berbagai senjata antikapal di Asia karena Washington berupaya untuk segera mengejar ketertinggalan dalam perlombaan rudal Indo-Pasifik di mana China memiliki keunggulan besar.

Meskipun militer AS menolak untuk mengatakan berapa banyak yang akan dikerahkan di kawasan Indo-Pasifik, lebih dari 800 rudal SM-6 akan dibeli dalam lima tahun ke depan, menurut dokumen pemerintah yang menguraikan pembelian militer.

Beberapa ribu misil Tomahawk sudah ada dalam inventaris AS, imbuh dokumen tersebut.

China telah beberapa kali mengecam pengerahan sistem rudal Typhon di Filipina, termasuk pada bulan Mei ketika juru bicara Kementerian Pertahanan Wu Qian mengatakan Manila dan Washington telah membawa risiko perang yang besar ke kawasan tersebut.

Presiden Rusia Vladimir Putin pada bulan Juni menyinggung pengerahan senjata tersebut ketika mengumumkan negaranya akan melanjutkan produksi rudal berkemampuan nuklir jarak menengah dan pendek.

Menteri Luar Negeri Filipina Enrique Manalo pada bulan Juli meyakinkan koleganya dari China bahwa keberadaan sistem rudal di negaranya tidak menimbulkan ancaman bagi China dan tidak akan mengganggu stabilitas kawasan.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0833 seconds (0.1#10.140)