alexametrics

Peringati Runtuhnya Tembok Berlin, Kedubes AS Resmikan Patung Reagan

loading...
Peringati Runtuhnya Tembok Berlin, Kedubes AS Resmikan Patung Reagan
Dubes AS untuk Jerman Richard Grenell dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo meresmikan patung mantan presiden Ronald Reagan di Kedubes AS di Berlin. Foto/Istimewa
A+ A-
BERLIN - Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Berlin, Jerman, meresmikan patung mantan Presiden Ronald Reagan. Peresmian patung itu dilakukan berlangsung pada Sabtu kemarin untuk memperingati 30 tahun jatuhnya Tembok Berlin.

“Hari ini kami meresmikan patung Ronald Reagan di atas Kedutaan Besar AS Berlin di Ronald Reagan Terrace yang baru. # BerlinWall30," tweet Duta Besar AS untuk Jerman Richard Grenell seperti dikutip dari Washington Examiner, Minggu (10/11/2019).

Patung setinggi 2,1 meter itu mengambil pose Reagen sedang berjalan dan telah lama tiba. Pejabat kota Berlin beberapa kali menolak permintaan oleh AS untuk memberikan penghormatan kepada Reagan dalam bentuk sebuah patung. Pejabat Berlin mengatakan patung itu tidak perlu karena Reagan sudah menjadi warga kehormatan kota itu.



Tahun ini, penempatan patung itu membuahkan hasil setelah Duta Besar AS untuk Jerman Richard Grenell mengusulkan AS untuk mendirikan sebuah patung atas kemauannya sendiri di kedutaan.

Tembok Berlin membagi Jerman Timur dan Barat dari tahun 1961 hingga 1989, dengan Republik Demokratik Jerman (dikuasai oleh Uni Soviet) berkuasa di timur, dan Republik Federal Jerman (di bawah pengawasan koalisi sekutu Inggris, Prancis, dan AS) di Barat.

Reagan, yang merupakan satu-satunya presiden yang melakukan dua perjalanan ke tembok itu, memberikan pidato bersejarah pada Juni 1987 di depan Gerbang Brandenburg, yang terkenal menyerukan pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev untuk merobohkan tembok itu.

Patung ini pun menghadap ke tempat Reagan menyampaikan pidato fenomenal tersebut.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak