alexametrics

Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Iran, 5 Tewas dan 300 Lebih Luka-luka

loading...
Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Iran, 5 Tewas dan 300 Lebih Luka-luka
Foto/Ilustrasi/Sindonews
A+ A-
TEHERAN - Sedikitnya lima orang tewas dan ratusan lainnya cedera setelah gempa bumi berkekuatan 5,9 skala Richter melanda Iran barat laut pada Jumat (8/11/2019) dini hari.

Dikutip dari Independent, para pejabat mengatakan gempa pertama melanda daerah Tark, sebuah daerah pedesaan sekitar 35 mil dari kota Hashturd di Provinsi Azerbaijan Timur.

Gempa itu kemudian diikuti oleh lebih dari 40 gempa susulan, memaksa penduduk untuk keluar dari rumah mereka dengan ketakutan. Laporan media pemerintah menggambarkan mayoritas korban luka-luka akibat melarikan diri dengan panik.



Para pejabat mengatakan tim penyelamat telah dikirim ke wilayah tersebut. Namun pusat gempa berada di pegunungan Alborz yang terpencil sekitar 250 mil barat laut Ibu Kota Teheran. Belum ada video atau gambar foto yang disiarkan yang menunjukkan tingkat kerusakan di lokasi pusat gempa.

Kepala layanan medis darurat Iran, Pirhossein Koulivand, memberikan angka korban ke televisi pemerintah. Ia mengatakan bahwa sementara 312 orang terluka, hanya 13 yang perlu menerima perawatan di rumah sakit.

Badan pemantau gempa Amerika Serikat(AS) Survei Geologi AS mengatakan, pusat gempa berada pada kedalaman yang relatif dangkal 10km. Laporan media pemerintah mengatakan 30 rumah hancur di sebuah desa di pusat gempa.

Meskipun Iran berada pada retakan seismik besar dan rata-rata mengalami gempa satu kali sehari, gempa besar terakhir terjadi pada tahun 2017 lalu ketika gempa berkekuatan 7 SR menewaskan lebih dari 600 orang dan melukai ribuan lainnya.

Pada tahun 2003, gempa berkekuatan 6,6 SR meratakan kota bersejarah Bam, menewaskan 26.000 orang.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak