Profil Edmundo Gonzalez, Capres Venezuela Diburu Rezim dan Kabur ke Negara NATO

Senin, 16 September 2024 - 13:26 WIB
loading...
Profil Edmundo Gonzalez,...
Edmundo Gonzalez, capres Venezuela yang diburu rezim Presiden Nicolas Maduro karena sengketa pilpres, dan kabur ke negara NATO. Foto/AP Photo
A A A
JAKARTA - Edmundo Gonzalez, calon presiden (capres) Venezuela dari kubu oposisi, telah melarikan diri ke Spanyol. Dia mencari suaka politik d negara NATO itu tengah kekacauan di negaranya setelah hasil pemilihan presiden (pilpres) yang disengketakan.

Kementerian Luar Negeri Spanyol mengatakan Gonzalez tiba di pangkalan militer Torrejon de Ardoz di Madrid, bersama istrinya pada Minggu pekan lalu.

Gonzalez, yang menuduh rivalnya; Presiden Nicolas Maduro melakukan kecurangan pemilu. Dia melarikan diri ke Spanyol setelah surat perintah penangkapan dikeluarkan oleh rezim Maduro sebagai bagian dari tindakan keras yang intensif terhadap oposisi.

Apa yang Terjadi di Venezuela?


Dewan Pemilihan Nasional (CNE) mengatakan Maduro memenangkan pemilihan presiden dengan 51 persen suara—kemenangan ketiganya sejak dia pertama kali menjabat sebagai presiden pada tahun 2013 setelah kematian mentornya yang juga presiden karismatik; Hugo Chavez. Partai Sosialis Bersatu (kubu rezim Maduro) telah berkuasa selama 25 tahun terakhir.



Namun, pihak oposisi mengatakan hasil pilpres 28 Juli itu dicurangi. Dikatakan bahwa para relawannya memperoleh 73 persen lembar penghitungan yang dikeluarkan oleh mesin pemungutan suara elektronik dan mereka menunjukkan Gonzalez adalah pemenang sebenarnya dari pilpres tersebut. Maduro, katanya, memenangkan 30 persen suara.

Protes besar pecah, massa pro-oposisi menuntut rilis hasil pilpres oleh masing-masing tempat pemungutan suara.

Namun, menurut Human Rights Watch (HRW), pemerintah Maduro malah menindak tegas para pengunjuk rasa dan pemimpin oposisi, yang memaksa banyak dari mereka berlindung di kedutaan asing. Setidaknya 24 orang tewas dan sekitar 2.400 orang ditangkap terkait protes tersebut.

“Hasil pemilu telah diperdebatkan sejak 2004, ketika ada upaya untuk menarik kembali Chavez,” Vijay Prashad, direktur Institut Tricontinental untuk Penelitian Sosial yang berpusat di Argentina, Brasil, India, dan Afrika Selatan, kepada Al Jazeera.

“Lebih mudah untuk berteriak kecurangan, yang sudah mereka lakukan sebelum pemilu, daripada mencoba membuat program yang menarik bagi rakyat,” kata Prashad, yang kritis terhadap koalisi oposisi Venezuela.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)