alexametrics

Trump Bertemu Presiden Mesir, Dukung Penyelesaian Isu Bendungan

loading...
Trump Bertemu Presiden Mesir, Dukung Penyelesaian Isu Bendungan
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berbicara dengan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi di New York, 23 September. Foto/REUTERS/Jonathan Ernst
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berbicara dengan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi dan menyatakan dukungan untuk negosiasi antara Mesir, Ethiopia dan Sudan terkait bendungan pembangkit listrik tenaga air di Blue Nile, Ethiopia.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Mesir pekan lalu menyatakan pemerintahan Trump mengundang tiga negara bertemu di Washington pada 6 November untuk mencoba memecah kebuntungan dalam perundingan itu.

Mesir khawatir Bendungan Grand Ethiopian Renaissance (GERD) dapat mengurangi pasokan air yang sudah sedikit dari sungai Nil. Mesir sangat tergantung pada aliran sungai Nil tersebut. Adapun Ethiopia menyatakan bendungan itu penting bagi pembangunan ekonominya.



"Presiden Trump mengungkapkan dukungan untuk negosiasi yang masih berlangsung antara Mesir, Ethiopia, dan Sudan agar mencapai kesepakatan untuk GERD," papar juru bicara Gedung Putih Judd Deera.

Pernyataan itu tidak menyebut pertemuan apapun di Washington. Dalam beberapa pekan terakhir, Mesir meminta mediator luar untuk isu itu karena perundingan tiga pihak sudah buntu.

Ethiopia awalnya menolak ide itu dan berharap dapat mulai mengisi tempat penampungan air di belakang bendungan itu pada tahun depan.
(sfn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak