Korvet Terbaru Rusia Akan Dipersenjatai Rudal Hipersonik Zircon

Jum'at, 01 November 2019 - 15:36 WIB
Korvet Terbaru Rusia Akan Dipersenjatai Rudal Hipersonik Zircon
Korvet Terbaru Rusia Akan Dipersenjatai Rudal Hipersonik Zircon
A A A
MOSKOW - Rudal jelajah hipersonik Zircon yang jago bermanuver akan dipasang pada korvet terbaru Angkatan Laut Rusia. Korvet atau kapal perang berukuran kecil tersebut akan mulai beroperasi bulan depan.

Presiden Rusia Vladimir Putin menaiki kapal perang bernama Gremyashchiy itu saat mengunjungi galangan kapal di wilayah paling barat Rusia, Kaliningrad, pada hari Kamis.

Korvet Gremyashchiy pada awalnya dirancang untuk membawa rudal jelajah 3M-54 Kalibr, tetapi kaptennya mengatakan kapal itu juga dapat dilengkapi dengan sangat baik dengan rudal hipersonik berbasis laut, 3M22 Zircon, yang saat ini sedang dalam pengembangan.

Presiden Putin, seperti dikutip Russia Today, Jumat (1/11/2019), merespons dengan mengatakan; "Zircon pasti akan ada di sana."

Rudal Zircon digambarkan sebagai salah satu permata mahkota program persenjataan Moskow, yang mencakup beberapa jenis rudal hipersonik yang dapat bermanuver. Pada bulan Februari, Putin mengatakan bahwa Zircon akan dapat menghancurkan target lintas laut dan darat yang berjarak lebih dari 1.000 km.

Laporan sebelumnya mengindikasikan bahwa rudal itu akan diuji coba dari sebuah kapal pada akhir tahun ini, dan akan diluncurkan untuk pertama kalinya dari kapal pada tahun 2020.

Kapal Gremyashchiy diluncurkan dua tahun lalu. Saat ini Gremyashchiy sedang menyelesaikan uji coba laut dan akan secara resmi bergabung dengan Armada Pasifik pada akhir Desember 2019. Kapal Gremyashchiy dirancang untuk misi tempur laut, serta membantu serangan amfibi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6660 seconds (0.1#10.140)