'Hilang' Lebih dari 172 Tahun, Ular Langka Ini Muncul Kembali

Kamis, 31 Oktober 2019 - 22:43 WIB
Hilang Lebih dari 172 Tahun, Ular Langka Ini Muncul Kembali
'Hilang' Lebih dari 172 Tahun, Ular Langka Ini Muncul Kembali
A A A
SINGAPURA - Seekor ular yang tidak pernah terlihat selama lebih dari 172 tahun di Singapura tiba-tiba muncul kembali di Cagar Alam Bukit Timah bulan lalu.

Seorang dosen senior Universitas Nasional Singapura, Dr John van Wyhe, menemukan ular kawat bergaris lurus atau dikenal dengan nama ilmiahnya Ramphotyphlops lineatus, mati di jalur sepeda cagar alam pada 16 September.

Bergaris-garis dan seperti cacing, tetapi panjangnya lebih dari 50cm, penemuan ular hitam mengubah statusnya yang sebelumnya "tidak tentu" - atau membutuhkan verifikasi - menjadi "masih ada". Sekarang keberadaannya telah dicatat secara definitif di zaman modern.

"Sangat tidak terduga untuk menemukannya di Singapura karena ini adalah spesies yang tidak biasa terlihat bahkan di Malaysia," kata Law Ing Sind, yang membantu mengidentifikasi ular itu.

"Kami masih belum tahu ukuran populasi saat ini atau bagaimana populasi ular itu menyebar di Singapura," imbuhnya seperti dikutip dari The Strait Times, Kamis (31/10/2019).

Co-founder dari Herpetological Society of Singapore, kelompok yang antusias untuk mempelajari reptil dan amfibi, mengatakan ciri-ciri dan kebiasaan ular kawat bergaris lurus bisa menjelaskan kesulitannya.

"(Ular) cenderung menggali ke dalam tanah tropis yang lembut untuk mencari mangsa invertebrata, dan menghabiskan seluruh hidupnya di bawah tanah," jelasnya.

"Mereka juga memiliki banyak kesamaan yang dangkal dengan cacing, sehingga masyarakat dapat menganggap ini sebagai cacing ketika mereka menemukannya," sambungnya.

Terlihat terakhir pada tahun 1847, ular kawat bergaris lurus telah begitu sulit untuk ditemukan. Bahkan survei Taman Nasional (NPark) 2015 untuk reptil dan amfibi di Bukit Timah gagal untuk mendeteksi keberadaan ular langka itu.

Penemuan ulang ular baru-baru ini didokumentasikan dalam laporan oleh Dr. Law, Dr van Wyhe, dan Rachel Seah di Singapore Biodiversity Records, yang dipandu oleh Museum Sejarah Alam Lee Kong Chian untuk pengamatan lokal. Ketiganya mencatat dalam laporan bahwa spesimen yang ditemukan adalah yang terpanjang dari spesiesnya.

"Spesimen unggulan yang menarik karena lebih panjang sekitar 4cm dari total panjang maksimum yang tercatat untuk spesies, yaitu total panjang 48cm," bunyi laporan itu.

"Karena absen 172 tahun dari catatan resmi, karena itu spesimen unggulan akan mewakili penemuan kembali yang signifikan di Singapura," tambah mereka.

Setelah penemuan ular itu oleh Dr. van Wyhe bulan lalu, reptil yang mati dipindahkan ke Museum Sejarah Alam Lee Kong Chian dengan izin Dewan Taman Nasional (NParks).

Mengambil binatang hidup dari alam liar tanpa izin atau izin oleh NParks adalah sebuah pelanggaran di Singapura.

Pada bulan Mei, NParks mengatakan menemukan lebih dari 40 spesies yang berpotensi menjadi spesies baru bagi Singapura setelah survei multi-tahun Cagar Alam Bukit Timah antara 2014 dan tahun lalu.

Spesies baru termasuk laba-laba enam mata dengan pelat mengkilap, mengeras dan berwarna gelap di bagian depan tubuhnya, yang telah dinamai Paculla bukittimahensis.

Namun, keberadaan ular kawat bergaris lurus itu tidak terdeteksi.

Law mengatakan penemuan ini tidak mengejutkan karena ada sekitar 55 spesies ular darat di Singapura.

"Mengingat Bukit Timah menjadi rumah kawasan hutan purba tertua dan terbesar di Singapura, ada potensi untuk menemukan catatan spesies baru yang lebih mengejutkan dan bahkan berpotensi di kawasan itu," katanya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3481 seconds (0.1#10.140)