alexametrics

Jaksa Belgia Setuju Eks Pemimpin Catalan Diekstradisi ke Spanyol

loading...
Jaksa Belgia Setuju Eks Pemimpin Catalan Diekstradisi ke Spanyol
Jaksa Belgia setuju jika mantan Presiden Catalan Carles Puigdemont diekstradisi ke Spanyol. Foto/Kolase/Sindonews
A+ A-
BRUSSELS - Jaksa Belgia setuju untuk mengekstradisi mantan Presiden Catalan Carles Puigdemont ke Spanyol. Hal itu diumumkan langsung oleh pengacara Puigdemont.

Meski begitu, pengacara Puigdemont mengatakan, sidang akhir dari surat perintah yang dikeluarkan baru-baru ini telah ditunda dan akan berlangsung pada tanggal 16 Desember seperti dilansir dari Sputnik, Selasa (29/10/2019).

Carles Puigdemont hidup dalam pengasingan di Brussels. Ia harus meninggalkan Spanyol segera setelah referendum kemerdekaan Catalan yang diadakan pada Oktober 2017. Madrid menyebut referendum itu ilegal dan sebagai tanggapan membubarkan parlemen Catalan, memberlakukan aturan langsung atas wilayah tersebut.



Madrid juga telah menghukum beberapa politisi Catalonia dengan hukuman penjara yang panjang atas peran mereka dalam referendum 2017 awal bulan ini. Hal ini menyebabkan aksi demonstrasi massa para pendukung dan penentang pemisahan wilayah dari kerajaan.

Aksi demonstrasi massa mengguncang Spanyol pada peringatan ulang tahun kedua upaya Catalan untuk kemerdekaan, yang mengakibatkan bentrokan hebat dan ratusan orang terluka serta sekitar 200 orang ditahan.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak