Vietnam Berusaha Percepat Identifikasi 39 Mayat di Kontainer Inggris

Selasa, 29 Oktober 2019 - 16:17 WIB
Vietnam Berusaha Percepat Identifikasi 39 Mayat di Kontainer Inggris
Vietnam Berusaha Percepat Identifikasi 39 Mayat di Kontainer Inggris
A A A
VINH - Vietnam sedang berusaha mempercepat identifikasi warganya yang diduga berada di antara 39 mayat yang ditemukan di kontainer sebuah truk di dekat London, Inggris, pekan lalu. Hal itu diungkapkan Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Nguyen Quoc Cuong.

Sidang Pengadilan Inggris pada hari Senin bahwa menyatakan jaringan global telah terlibat dalam penyelundupan puluhan mayat itu. Pengemudi truk menghadapi tuduhan pembunuhan dan perdagangan orang.

"Kebangsaan para korban belum dikonfirmasi secara resmi," kata Cuong di sela-sela konferensi di kota Vinh.

"Vietnam dan Inggris berusaha mempercepat identifikasi mayat-mayat itu, tetapi belum ada tenggat waktu yang ditetapkan," ungkapnya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (29/10/2019).

Awal pekan ini, pemerintah Vietnam mengatakan polisi Inggris telah mengirim dokumen mengenai empat korban ke Hanoi untuk verifikasi lebih lanjut.

Penemuan jenazah pekan lalu di kawasan industri dekat London telah menyoroti industri perdagangan gelap yang mengirim orang miskin di Asia, Afrika, dan Timur Tengah dalam perjalanan berbahaya ke Barat.

Di Vietnam, prospek pekerjaan yang buruk, dorongan oleh pihak berwenang, geng penyelundup, bencana lingkungan dan tekanan pemerintah terhadap umat Katolik adalah semua faktor lokal di balik gelombang migran.

Keinginan untuk pergi ke luar negeri telah menciptakan pasar bawah tanah yang berkembang di negara Asia Tenggara bagi penyelundupan manusia. Para pakar anti-perdagangan, migran dan anggota keluarga mereka telah mengatakan kepada Reuters banyak di antaranya menjanjikan paket yang aman dan bahkan "VIP" untuk perjalanan rahasia ke Eropa.

Berita tentang tragedi itu telah membuat provinsi-provinsi pedesaan Nghe An dan Ha Tinh di Vietnam menjadi putus asa, dengan banyak keluarga takut orang-orang yang dicintai mungkin termasuk di antara mereka yang tewas. (Baca juga: Penemuan 39 Mayat Dalam Kontainer Bikin Desa di Vietnam Berduka )

Pihak berwenang di Nghe An telah meluncurkan permohonan bagi anggota keluarga yang bersangkutan untuk menyerahkan salinan foto dan identifikasi orang hilang kepada Komite Rakyat setempat untuk verifikasi, menurut salinan banding yang dilihat oleh Reuters.

Kementerian luar negeri Vietnam sejauh ini menerima informasi dari 14 keluarga terkait yang mencari anggota keluarga yang hilang di Inggris, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan Senin malam.

Vietnam yang dikuasai komunis sangat sensitif terhadap peristiwa yang dapat menyebabkan kerusuhan sosial atau pertemuan publik.

Sebuah upacara lilin di luar katedral Katolik di Hanoi untuk mengenang 39 korban dibubarkan oleh polisi pada hari Minggu, kata penyelenggara.

Departemen propaganda Partai Komunis yang berkuasa di Vietnam telah menginstruksikan para pemimpin media setempat untuk tidak melaporkan atau berspekulasi tentang kebangsaan atau identitas para korban tanpa konfirmasi dari kementerian luar negeri, menurut salinan instruksi yang dilihat oleh Reuters.

"Harap lebih peka dan berhati-hati," kata instruksi itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3940 seconds (0.1#10.140)