Saudi Puji Kesuksesan Upaya AS Habisi Baghdadi

Selasa, 29 Oktober 2019 - 04:12 WIB
Saudi Puji Kesuksesan Upaya AS Habisi Baghdadi
Saudi Puji Kesuksesan Upaya AS Habisi Baghdadi
A A A
RIYADH - Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menuturkan, pihaknya memuji upaya Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dalam "menetralkan" pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi. Baghdadi tewas akibat bunuh diri dalam "Operasi Kayla Muller", yang dilaksanakan pasukan AS pada akhir pekan lalu di Suriah.

"Pemerintah Saudi menghargai upaya besar pemerintah AS dalam mengejar anggota organisasi teroris berbahaya ini yang mendistorsi citra Islam dan Muslim di seluruh dunia dan melakukan kekejaman dan kejahatan yang bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan paling mendasar di banyak negara," kata kementerian itu, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (29/10/2019).

Kementerian itu kemudian menekankan bahwa Saudi melanjutkan upayanya dengan sekutunya, yang dipimpin oleh AS, dalam memerangi terorisme, mengeringkan sumber daya ekstrimis dan menghadapi ideologi kriminal yang berbahaya.

Sementara itu, sebelumnya Trump mengatakan bahwa ia mungkin akan mendeklasifikasi dan merilis bagian dari video operasi penggerebekan Baghdadi. Video itu diyakini termasuk rekaman dari udara dan mungkin rekaman dari kamera yang dipasang pada badan tentara AS yang menyerbu kompleks kediaman Baghdadi di Suriah.

"Kami sedang memikirkannya. Kami mungkin. Kami dapat mengambil bagian-bagian tertentu dan kemudian mempublikasinya," kata Trump.

Seorang pejabat AS menuturkan bahwa video itu perlu sedikit "dihaluskan" untuk memastikan tidak ada bagian yang mengungkapkan metode taktis yang digunakan oleh pasukan AS dalam operasi tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4927 seconds (0.1#10.140)