Brasil Buka Lembaran Baru dengan Arab dalam Lawatan Teluk

Jum'at, 25 Oktober 2019 - 18:16 WIB
Brasil Buka Lembaran Baru dengan Arab dalam Lawatan Teluk
Brasil Buka Lembaran Baru dengan Arab dalam Lawatan Teluk
A A A
BRASILIA - Presiden Brasil Jair Bolsonaro tiba di Abu Dhabi pada Sabtu (26/10) untuk tur di tiga negara Teluk. Dia berharap dapat membuka lembaran baru setelah badai diplomatik tahun lalu dengan negara-negara Arab terkait rencana pemindahan kedutaan besar (kedubes) Brasil ke Yerusalem.

Rencana pemindahan kedubes itu memicu kemarahan negara-negara Arab dan mengancam perdagangan senilai USD5 miliar per tahun dalam ekspor daging halal asal Brasil.

Selama kunjungan ke Israel pada April lalu, Bolsonaro telah membatalkan rencana itu dan mengumumkan hanya membuka kantor promosi bisnis di Yerusalem.

"Undangan untuk mengunjungi Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, dan Arab Saudi membuktikan bahwa isu itu telah selesai," ungkap Kenneth Nobrega, sekretaris negosiasi bilateral dengan Timur Tengah, Eropa dan Afrika di Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Brasil.

Nobrega menjelaskan, Bolsonaro akan berupaya meningkatkan perdagangan dan investasi dari negara-negara Teluk untuk membantu meningkatkan perekonomian Brasil. Presiden dari sayap kanan itu akan bertemu sejumlah kepala negara dan berbicara dalam konferensi bisnis di Doha pada Senin (28/10) dan Riyadh pada Rabu (30/10).

Bolsonaro berjanji pada pemilu tahun lalu bahwa dia akan memindahkan kedubes dari Tel Aviv ke Yerusalem untuk memperkuat aliansi dengan Israel. Namun dia kalah dengan tekanan dalam negeri yang ingin hubungan ekonomi lebih kuat dengan Arab.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5867 seconds (0.1#10.140)