alexametrics

Amnesty: Turki Deportasi Paksa Pengungsi Suriah ke Zona Aman

loading...
Amnesty: Turki Deportasi Paksa Pengungsi Suriah ke Zona Aman
Demonstran memberikan dukungan pada pengungsi Suriah dalam unjuk rasa menentang kebijakan pemerintah Turki di Istanbul, 27 Juli. Foto/REUTERS/Murad Sezer
A+ A-
ISTANBUL - Amnesty International menyatakan Turki mengirim paksa para pengungsi Suriah ke wilayah perbatasan Suriah yang akan dijadikan zona aman meski konflik belum berakhir.

Turki saat ini menampung sekitar 3,6 juta pengungsi yang lari dari delapan tahun perang sipil Suriah. Namun dengan sentimen publik Turki yang semakin negatif pada mereka, Ankara berharap dapat mengirimkan dua juta pengungsi ke zona aman di Suriah timur laut.

Ankara menyatakan lebih dari 350.000 pengungsi Suriah telah secara sukarela kembali ke negaranya.



Dalam laporannya, Amnesty menyatakan para pengungsi telah mengeluhkan telah diancam dan secara fisik dipaksa oleh polisi turki untuk menandatangani dokumen yang menyatakan mereka dengan sukarela kembali ke Suriah.

"Kenyataannya, Turki menempatkan nyawa para pengungsi Suriah dalam bahaya serius dengan memaksa mereka kembali ke zona perang," papar kelompok hak asasi manusia (HAM) yang berbasis di Inggris itu, dilansir Reuters.

Amnesty yakin jumlah orang yang dipaksa kembali dalam beberapa bulan terakhir jumlahnya ratusan orang, berdasarkan wawancara yang dilakukan antara Juli dan Oktober.

Lembaga itu telah mengonfirmasi 20 kasus. Belum ada reaksi dari pemerintah Turki terkait laporan terbaru Amnesty itu.
(sfn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak