alexametrics

Brasil: Blok Mercosur Terancam Jika Oposisi Menang di Argentina

loading...
Brasil: Blok Mercosur Terancam Jika Oposisi Menang di Argentina
Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengikuti upacara di Istana Planalto, Brasilia, Brasil, 15 Oktober. Foto/REUTERS/Adriano Machado
A+ A-
BRASILIA - Presiden Brasil Jair Bolsonaro menyatakan kemungkinan kemenangan kandidat oposisi Alberto Fernandez dalam pemilu presiden Argentina pada Minggu (20/10) dapat mengancam blok perdagangan Mercosur.

Pendapat itu diungkapkan presiden sayap kanan itu saat berbicara di Tokyo dalam kunjungan resmi. Dia menjelaskan, kembalinya sayap kiri Cristina Kirchner yang maju sebagai calon wakil presiden Fernandez dapat membahayakan seluruh Mercosur. Kirchner yang sekarang merupakan senator pernah menjabat presiden Argentina antara 2007 dan 2015.

"Yang kami inginkan adalah Argentina melanjutkan kebijakan perdagangan Macri jika oposisi menang," ungkap Bolsonaro menyebut Presiden Argentina Mauricio Macri.



Bolsonaro menambahkan, "Jika tidak, kita mungkin bersama Paraguay dan Uruguay akan membuat keputusan."

Dia tidak menjelaskan dengan pasti apa keputusan yang akan dibuat tapi menyebut penghentian sementara Paraguay dari blok itu pada 2012 menjadi contoh aksi yang telah diambil di masa lalu.

Blok perdagangan Mercosur didirikan pada 1991 dan sekarang Argentina, Brasil, Paraguay dan Uruguay menjadi anggota penuh. Venezuela menjadi anggota penuh tapi dikeluarkan pada 2016.

Macri kalah pada pemilu pendahuluan 11 Agustus saat melawan Fernandez yang kini diperkirakan menang pemilu.
(sfn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak