Swedia Berencana Undang Korut dan AS untuk Gelar Pembicaraan

Rabu, 23 Oktober 2019 - 20:51 WIB
Swedia Berencana Undang Korut dan AS untuk Gelar Pembicaraan
Swedia Berencana Undang Korut dan AS untuk Gelar Pembicaraan
A A A
SEOUL - Utusan Khusus Swedia untuk urusan Semenanjung Korea, Kent Harstedt menuturkan, pihaknya berharap untuk dimulainya kembali pembicaraan denuklirisasi antara Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut). Swedia, papar Harstedt, berencana untuk segera mengundang kedua pihak untuk mengadakan pertemuan di Stockholm.

"Kami akan mengeluarkan undangan baru ke kedua belah pihak untuk pertemuan baru pada waktu yang disepakati oleh kedua pihak." kata Harstedt saat melakukan kunjungan ke Ibu Kota Korea Selatan (Korsel), Seoul.

"Tentu saja hingga kedua pihak untuk memutuskan waktu pertemuan tersebut, tetapi kami akan tetap proaktif dari pihak Swedia untuk mendorong mereka untuk bertemu," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (23/10/2019).

Harstedt kemudian mencatat bahwa Stockholm melanjutkan dialog kerja dengan Pyongyang, dengan bahwa ia melihat prospek pembicaraan AS-Korut dengan optimisme yang berhati-hati.

"Sekali lagi saya juga perlu mengatakan bahwa Korut belum menutup pintu untuk kelanjutan (pertemuan) penting ini," ungkapnya.

Bulan lalu, delegasi dari Korut dan AS melakukan pertemuan di pinggiran kota Stockholm. Namun, pertemuan itu kembali berakhir buntu, dengan Korut mengancam akan sepenuhnya menghentikan pembicaraan jika AS tidak merubah pendekatan mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4105 seconds (0.1#10.140)