alexametrics

NATO: Terlalu Dini Nilai Kesepakatan Turki-Rusia Soal Suriah

loading...
NATO: Terlalu Dini Nilai Kesepakatan Turki-Rusia Soal Suriah
Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg menuturkan, pihaknya menyambut baik kesepakatan antara Turki dan Rusia mengenai Suriah. Foto/Reuters
A+ A-
BRUSSELS - Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg menuturkan, pihaknya menyambut baik kesepakatan antara Turki dan Rusia mengenai Suriah. Namun, Stoltenberg menyebut masih terlalu dini untuk menilai kesepakatan itu, apakah akan sukses atau gagal.

"Saya menyambut baik bahwa kita telah melihat kemajuan di timur laut Suriah dan berhentinya kekerasan. Tapi, masih terlalu dini untuk menilai hasil kesepakatan Rusia-Turki yang terjadi di Sochi," ucap Stoltenberg, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (20/10/2019).

"Kami telah melihat bahwa adalah mungkin untuk bergerak ke arah solusi politik. Persyaratan pertama adalah untuk menghentikan pertempuran. Maka kita perlu melanjutkan, membangun itu, dan memiliki solusi politik yang nyata, dinegosiasikan di Suriah," sambungnya.



Stoltenberg juga mengatakan, dia telah berbicara dengan Menteri Pertahanan Jerman, Annegret Kramp-Karrenbauer tentang idenya untuk menciptakan zona keamanan di utara Suriah, dengan mengatakan dia menyambut setiap proposal tentang jalan menuju perdamaian.

Stoltenberg, ditanya tentang kecaman Presiden Prancis, Emmanuel Macron atas reaksi NATO terhadap serangan Turki di Suriah, mengatakan bahwa perbedaan dalam aliansi hanyalah sebatas catatan publik.

Dia juga mengatakan itu tergantung pada sekutu NATO untuk memutuskan secara individu jika mereka ingin mempertimbangkan kembali penempatan rudal Patriot di Turki. Dirinya menambahkan bahwa Menteri Pertahanan negara anggota NATO akan membahas masalah tersebut ada pertemuan di markas NATO.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak