alexametrics

Rusia: AS Khianati Kurdi, 'Paksa' Perang dengan Turki

loading...
Rusia: AS Khianati Kurdi, Paksa Perang dengan Turki
Rusia menyebut AS telah mengkhianati Kurdi, sekutu utama AS dalam perang melawan ISIS di Suriah, dan seperti memaksa mereka untuk berperang dengan Turki. Foto/Reuters
A+ A-
MOSKOW - Rusia menyebut Amerika Serikat (AS) telah mengkhianati Kurdi, sekutu utama mereka dalam perang melawan ISIS di Suriah. AS, papar Moskow, seperti memaksa Kurdi untuk berperang dengan Turki.

Washington memutuskan menarik mundur hampir seluruh pasukan mereka di Suriah, tidak lama setelah Turki mengumumkan akan melancarkan operasi militer di timur laut Suriah. Di mana Kurdi adalah salah satu target utama operasi militer Turki tersebut.

"AS telah menjadi sekutu terdekat dengan Kurdi. Namun AS meninggalkan mereka (Kurdi), pada dasarnya mengkhianati mereka dan sekarang mereka lebih suka mempertahankan Kurdi di perbatasan dan hampir memaksa mereka untuk melawan Turki," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov pada Rabu (23/10/2019).



Sementara itu, sebelumnya Turki dan Rusia sepakat memindahkan milisi YPG Kurdi Suriah ke wilayah lebih dari 30 km dari perbatasan Turki. Setelah itu, pasukan Turki dan Suriah akan menggelar patroli gabungan di zona aman di Suriah utara.

Menurut kesepakatan tersebut, mulai Rabu siang, polisi militer Rusia dan penjaga perbatasan Suriah akan memfasilitasi pemindahan anggota dan persenjataan YPG ke wilayah di luar zona aman. Misi ini akan dilakukan dalam waktu sekitar enam hari.

Pasukan Turki dan Rusia juga akan menggelar patroli gabungan di Suriah utara dalam radius 10 km dari perbatasan Turki. Ankara dan Moskow akan bekerja sama untuk memulangkan pengungsi Suriah di Turki.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak