Kremlin: Assad Dukung Kesepakatan Rusia-Turki

Rabu, 23 Oktober 2019 - 10:14 WIB
Kremlin: Assad Dukung Kesepakatan Rusia-Turki
Kremlin: Assad Dukung Kesepakatan Rusia-Turki
A A A
MOSKOW - Presiden Suriah Bashar al-Assad mendukung kesepakatan yang dicapai oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan. Demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh Kremlin.

Presiden Rusia Vladimir Putin memberi tahu Assad melalui telepon tentang ketentuan kesepakatan Rusia-Turki tentang tindakan di Suriah setelah pembicaraan dengan Erdogan.

"Tugas utama adalah mengembalikan integritas teritorial Suriah dan melanjutkan upaya bersama untuk penyelesaian politik situasi tersebut, termasuk pekerjaan dalam kerangka kerja Komite Konstitusi," kata Putin seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (23/10/2019).

Presiden Suriah pun berterima kasih kepada Putin dan menyatakan dukungan penuhnya.

Ia mengatakan para penjaga perbatasan Suriah siap memasuki perbatasan Suriah-Turki bersama dengan polisi militer Rusia.

Sebelumnya, Rusia dan Turki mengadopsi kesepakatan bersama dan setuju untuk mengerahkan pasukan gabungan di zona operasi Turki di Suriah mulai hari Rabu.

"Mulai pukul 12:00 siang (0900 GMT) tanggal 23 Oktober 2019, polisi militer Rusia dan penjaga perbatasan Suriah akan memasuki sisi Suriah dari perbatasan Turki-Suriah, di luar area Operation Spring Peace, untuk memfasilitasi penghapusan YPG ( Elemen dan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi) hingga kedalaman 30 km dari perbatasan Turki-Suriah, yang harus diselesaikan dalam 150 jam," bunyi dokumen yang dipublikasikan di situs Kremlin.

"Pada saat itu, patroli gabungan Rusia-Turki akan dimulai di barat dan timur wilayah Operasi Musim Semi Perdamaian dengan kedalaman 10 km, kecuali kota Qamishli," sambung dokumen itu.

Kesepakatan itu mengatakan kedua belah pihak akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah infiltrasi terorisme. Mekanisme pemantauan dan verifikasi bersama akan dibentuk untuk meninjau dan mengoordinasikan pelaksanaan memorandum ini.

Putin, selama konferensi pers setelah pembicaraan dengan Erdogan, menyatakan untuk mencapai stabilisasi jangka panjang dan abadi di Suriah secara keseluruhan hanya mungkin tunduk pada kedaulatan dan integritas teritorial negara itu.

"Kami berbagi keprihatinan dari pihak Turki sehubungan dengan meningkatnya ancaman terorisme dan pertumbuhan kontradiksi etno-pengakuan di wilayah ini. Menurut pendapat kami, kontradiksi dan sentimen separatis ini secara artifisial telah dipicu oleh orang luar baru-baru ini," ujarnya.

Putin pun menegaskan bahwa Suriah harus dibebaskan dari kehadiran militer asing ilegal.

Erdogan memuji perjanjian untuk menghentikan penciptaan manifestasi separatis di wilayah Suriah.

"Baik Turki dan Rusia, kami tidak akan mengizinkan ini," kata Erdogan setelah pembicaraan dengan Putin.

Menurut Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, operasi militer "Operasi Perdamaian Musim Semi" Turki sedang dihentikan.

"Operasi dibatalkan. Semuanya akan tergantung pada bagaimana perjanjian itu dilaksanakan, termasuk pada penarikan senjata dan penarikan pasukan dan sarana unit Kurdi," kata Lavrov dalam rekaman yang diterbitkan oleh Kementerian Luar Negeri Rusia.

Pada 9 Oktober, Turki meluncurkan serangan militer yang dijuluki "Operasi Perdamaian Musim Semi" di Suriah utara yang berbatasan dengan Turki selatan dalam upaya untuk memerangi pasukan Kurdi, yang dianggap oleh Ankara sebagai separatis dan teroris.

Menyusul tindakan Turki, Pemerintah Otonomi Kurdi Suriah Utara dan Timur mengatakan pada 13 Oktober bahwa pihaknya telah mencapai kesepakatan dengan pemerintah Suriah, yang didukung oleh Rusia, yang memungkinkan tentara Suriah untuk mengambil alih kendali atas beberapa daerah yang dikuasai Kurdi untuk melawan kemajuan militer Turki.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4100 seconds (0.1#10.140)