PM Kanada Trudeau Tetap Berkuasa Meski Perolehan Suara Turun

Rabu, 23 Oktober 2019 - 01:10 WIB
PM Kanada Trudeau Tetap Berkuasa Meski Perolehan Suara Turun
PM Kanada Trudeau Tetap Berkuasa Meski Perolehan Suara Turun
A A A
OTTAWA - Perdana Menteri (PM) Kanada Justrin Trudeau tetap mempertahankan kekuasaan setelah pemilu yang sangat ketat pada Senin (21/10). Meski demikian, pemerintahannya berkurang menjadi minoritas sehingga harus mendorong agendanya condong ke sayap kiri.

Trudeau merupakan salah satu politisi paling progresif di dunia di tengah berbagai skandal dalam negeri yang melilitnya. Dia sekarang harus membentuk pemerintahan dengan dukungan dari sayap kiri Partai Demokrat Baru yang meraih 24 kursi.

Partai Liberal yang dipimpin Trudeau tidak meraih kursi satu pun di beberapa provinsi kaya minyak seperti Alberta dan Saskatchewan. Liberal unggul dengan 157 kursi, atau berkurang 20 kursi berdasarkan hasil sementara.

Pemerintahan minoritas di Kanada jarang bertahan lebih dari dua setengah tahun. Meski Demokrat Baru kehilangan 16 kursi, ketua partainya Jagmeet Singh dalam posisi kuat untuk mendorong berbagai prioritas kebijakan seperti belanja sosial lebih besar dan peningkatan langkah dalam mengatasi perubahan iklim.

Seorang tokoh senior Liberal menyatakan banyak anggota parlemen perlu menjabat dua tahun lagi untuk memenuhi enam tahun persyaratan untuk pensiun Parlemen.

Partai Demokrat Baru membuat sejumlah kesepakatan untuk mempertahankan pemerintahan minoritas Liberal yang berkuasa dari 1972-1974 dan pada 2005. Dua partai itu dapat menguasai kursi mayoritas 180 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat dengan total 338 kursi.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3413 seconds (0.1#10.140)