Korsel Desak Korut Kembali ke Meja Perundingan

Selasa, 22 Oktober 2019 - 13:54 WIB
Korsel Desak Korut Kembali ke Meja Perundingan
Korsel Desak Korut Kembali ke Meja Perundingan
A A A
SEOUL - Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in kembali mendesak agar Korea Utara (Korut) kembali ke meja perundingan. Moon menuturkan, Korut memiliki masa yang cerah, jika mereka mau kembali ke meja perundingan dan menyelesaikan masalah yang ada, khususnya dengan Korsel.

"Masa depan yang cerah untuk Korut hanya akan dimungkinkan atas dasar ekonomi perdamaian yang didorong oleh proyek ekonomi antar-Korea. Saya mendesak Korut untuk merespon," ucap Moon, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (22/10/2019).

Desakan ini datang tidak lama setelah Wakil Menteri Pasukan Bersenjata Korut, Kim Hyong-ryong menyatakan Amerika Serikat (AS) dan Korsel harus menawarkan solusi baru dalam kebuntuan saat ini di Semenanjung Korea.

Kim memperingatkan kebijakan permusuhan terhadap Pyongyang akan memiliki konsekuensi serius. Pernyataan itu menambah komentar terbaru Korut yang merasa tidak senang dengan lambatnya kemajuan dalam negosiasi dengan AS.

Sementara itu, Moon mengatakan, Seoul akan meningkatkan pengeluaran militer. Korsel akan meningkatkan pengeluaran pertahanan sebesar tujuh persen menjadi lebih dari USD 42 miliar pada tahun depan.

"Pertahanan yang kuat sangat penting untuk penentuan nasib sendiri. Kami akan memperkuat sistem pertahanan inti dengan meningkatkan aset seperti kapal selam generasi baru dan satelit pengawasan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3454 seconds (0.1#10.140)