alexametrics

Soal Papua, AS Tegaskan Hormati Kedaulatan Indonesia

loading...
Soal Papua, AS Tegaskan Hormati Kedaulatan Indonesia
Penegasan itu disampaikan Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr saat bertemu dengan Ketua PBNU, Said Aqil Siradj. Foto/Victor Maulana/Sindonews
A+ A-
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) menegaskan, mereka sepenuhnya mendukung kedaulatan Indonesia, termasuk di dalamnya Papua. Penegasan itu disampaikan Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr saat bertemu dengan Ketua PBNU, Said Aqil Siradj.

Bertemu di kantor PBNU di Jakarta Pusat, Donovan menuturkan, pihaknya berharap Pemerintah Indonesia dapat merangkul komunitas lokal di Papua, untuk menyelesaikan masalah yang ada.

"Kami membahas mengenai Papua dan saya kembali menegaskan bahwa AS menghormati kedaulatan teritorial, termasuk di dalamnya Papua. Saya juga berharap Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan pemerintah dan komunitas lokal Papua untuk mengatasi permasalahan di sana," ucap Donovan pada Senin (21/10/2019).



Donovan kemudian menuturkan, dia dan Said Aqil juga membahas sejumlah isu internasional. Salah satu isu yang paling disoroti Donovan adalah isu Xinjiang, di mana dia berharap NU bisa melihat lebih jauh isu ini.

"Kami membahas beberapa isu internasional, termasuk Afghanistan, Palestina dan juga situasi di Xinjiang. Terkait dengan terakhir, saya meminta NU untuk melihat kembali situasi di Xinjiang," ungkapnya.

Dia menambahkan, di pertemuan tersebut, dirinya dan Said Aqil juga membahas sejumlah kerjasama yang dicapai antara AS dan NU, termasuk di dalamnya kerjasama pendidikan dan kesehatan.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak