alexametrics

Satu Tentara Turki Tewas di Suriah

loading...
Satu Tentara Turki Tewas di Suriah
Kementerian Pertahanan Turki menuturkan, satu tentara Turki tewas dan seorang lainnya terluka, setelah serangan oleh milisi YPG Kurdi di Tel Abyad, timur laut Suriah. Foto/Reuters
A+ A-
ANKARA - Kementerian Pertahanan Turki menuturkan, satu tentara Turki tewas dan seorang lainnya terluka, setelah serangan oleh milisi YPG Kurdi di Tel Abyad, timur laut Suriah. Serangan ini datang ditengah gencatan senjata lima hari, yang diumumkan Turki beberapa tengah pekan lalu.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian itu mengatakan, YPG melakukan serangan dengan senjata anti-tank dan senjata ringan terhadap tentara Turki yang melakukan misi pengintaian dan pengawasan di Tel Abyad.

"Respons langsung berdasarkan pertahanan diri diberikan. Meskipun adanya Perjanjian Zona Aman dengan Amerika Serikat (AS) ada 20 pelanggaran dilakukan oleh teroris Kurdi," kata kementerian itu, seperti dilansir Reuters pada Minggu (20/10/2019).



Pada hari Jumat, Kurdi Suriah menuduh Turki telah melanggar kesepakatan gencatan senjata yang ditengahi oleh AS. Kota Ras al-Ayn muncul sebagai ujian kesepakatan gencatan senjata yang disepakati oleh Washington dan Ankara.

Tembakan yang dilepaskan Turki menghantam bagian dalam kota dan sekitar kota Ras al-Ayn, menimbulkan kolom asap. Tembakan sporadis juga terjadi dan terdengar dari dalam kota.

Kelompok pemantau Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia dan Pusat Informasi Rojava mengatakan, pertempuran terus berlanjut hingga Jumat sore, ketika pejuang Suriah yang didukung Turki bentrok dengan pasukan Kurdi di desa-desa pinggiran Ras al-Ayn.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak