Venezuela Secara Mengejutkan Terpilih sebagai Anggota Dewan HAM PBB

Jum'at, 18 Oktober 2019 - 16:34 WIB
Venezuela Secara Mengejutkan Terpilih sebagai Anggota Dewan HAM PBB
Venezuela Secara Mengejutkan Terpilih sebagai Anggota Dewan HAM PBB
A A A
CARACAS - Venezuela secara mengejutkan sukses mengamankan kursi di Dewan HAM PBB mewakili Amerika Latin. Venezuela berada di posisi kedua di bawah Brazil, dalam pemilihan yang digelar di Majelis Umum PBB, semalam.

Kemenangan Venezuela dalam pemilihan tersebut datang di saat masih berlangsungnya krisisi politik di negara tersebut. Caracas menyebut, terpilihnya mereka sebagai anggota Dewan HAM PBB sebagai pencapaian penting.

"Venezuela akan merayakan kemenangan baru bagi diplomasi perdamaian Bolivarian," kata Menteri Luar Negeri Venezuela, Jorge Arreaza dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir PressTV pada Jumat (18/10/2019).

Jaksa Agung Venezuela, Tarek William Saab juga memuji itu sebagai pencapaian penting, ketika ia mengumumkan berita tentang pembebasan 24 tokoh oposisi yang ditahan.

Venezuela dan Brazil akan mulai bertugas sebagai anggota Dewan HAM PBB pada 1 Januari 2020 mendatang. Selain Venezuela, Indonesia, Jepang dan Korea Selatan (Korsel) juga sukses memenangkan pemilihan itu untuk menjadi wakil Asia Pasifik di Dewan HAM.

Indonesia mendapatkan suara tertinggi dengan 174 suara, yang kemudian disusul Jepang dan Korsel yang mendapatkan suara yang sama, yakni 165.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4968 seconds (0.1#10.140)