alexametrics

Hadapi Kampanye Sulit, Justin Trudeau Dapat Dukungan Obama

loading...
Hadapi Kampanye Sulit, Justin Trudeau Dapat Dukungan Obama
Pemimpin Partai Liberal dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berkampanye di Sherbrooke, Quebec, Kanada. Foto/REUTERS/Stephane Mahe
A+ A-
OTTAWA - Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau menghadapi persaingan berat dalam pemilu mendatang. Dia pun berupaya melawan kampanye kotor yang dilancarkan lawan-lawannya.

Untungnya, dia mendapat dukungan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama. Survei menunjukkan Partai Liberal yang dipimpin Trudeau dan berkuasa sejak 2015 bersaing ketat dengan oposisi Partai Konservatif. Partai berkuasa diperkirakan kehilangan kursi mayoritas di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Obama menyebut Trudeau pekerja keras dan pemimpin efektif yang mengatasi berbagai isu besar seperti perubahan iklim. "Dunia memerlukan kepemimpinannya yang progresif sekarang, dan saya berharap para tetangga kita di utara mendukung dia untuk periode selanjutnya," tweet Obama memberikan dukungan pada Trudeau.



Kedua pria itu memiliki hubungan dekat saat Obama masih menjabat sebagai presiden. Trudeau merupakan PM Kanada pertama dalam dua dekade yang diberi kehormatan oleh AS dengan makan malam kenegaraan. Saat itu Obama mengundang Trudeau dan istrinya ke Washington pada Maret 2016 setelah Trudeau menang pemilu pada Oktober.

Dukungan Obama itu muncul hanya beberapa jam setelah Trudeau menuduh Partai Konservatif melakukan kampanye paling kotor berdasarkan informasi salah. "Itu tak pernah kita lihat di negara ini," kata Trudeau menyoroti kampanye kotor yang dilancarkan lawan politiknya.

Survei yang dilakukan Nanos Research untuk CTV dan Globe serta surat kabar Mail menunjukkan Partai Konservatif meraih suara 32,5%, Partai Liberal 31,9%, dan Partai Demokrat Baru (NDP) 18,8%. Warga Kanada akan mengikuti pemilu pada Senin (21/10) mendatang.
(sfn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak