alexametrics

Trio AS-Saudi-Israel Dituding Dalang Serangan Tanker Iran

loading...
Trio AS-Saudi-Israel Dituding Dalang Serangan Tanker Iran
Terlihat kerusakan pada kapal tanker minyak Sabiti milik Iran yang berlayar di Laut Merah. Foto/Istimewa
A+ A-
TEHERAN - Seorang anggota parlemen Iran mengatakan bahwa rekaman membuktikan serangan terhadap kapal tanker Iran di Laut Merah dilakukan oleh Amerika Serikat (AS), Israel dan Arab Saudi.

Anggota Komisi Keamanan Luar Negeri dan Kebijakan Luar Negeri parlemen Iran, Abolfazl Hassanbeigi mengatakan, bukti itu akan dibawa ke PBB dan Dewan Keamanan sehingga negara-negara di balik serangan teroris ini akan membayar tindakan mereka.

“Arab Saudi dan AS berusaha menyalahkan ISIS (Negara Islam) atau Taliban atas serangan itu, tetapi dokumen tersebut menepis anggapan tersebut karena tidak ada teroris ISIL atau Taliban yang hadir di Laut Merah," ujarnya.



"Namun, ISIS dan Taliban diciptakan dan disponsori oleh Arab Saudi dan rezim Israel," imbuhnya seperti dikutip dari Haaretz, Rabu (16/10/2019).

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif mengatakan bahwa serangan terhadap Iran adalah tindakan canggih yang disponsori negara.

Pada hari Jumat pekan lalu, televisi pemerintah Iran mengatakan sebuah tanker minyak milik Iran terkena dua rudal di pelabuhan Saudi, Jeddah. Kapal tanker itu terbakar, menghancurkan dua gudang yang menyebabkan kebocoran minyak ke Laut Merah, sekitar 60 mil (96 km) dari Jeddah. (Baca juga: Kapal Tanker Minyak Iran Dihantam Ledakan di Dekat Saudi)

Ketegangan sudah tinggi di daerah pengiriman Laut Merah, yang menghubungkan Samudra Hindia dengan Mediterania melalui Terusan Suez.

Kondisi ini mengikuti serangan pada instalasi minyak utama Saudi pada bulan September dan serangan terhadap tanker di wilayah Teluk pada bulan Mei dan Juni. Amerika Serikat menyalahkan Iran, yang menyangkal peran apa pun dalam serangan itu.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak